Stok Vaksin untuk Vaksinasi Tahap II di Sulsel Menipis

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 12:47 WIB
The hands in blue glove of the scientist hold the processor
Ilustrasi vaksin (Getty Images/iStockphoto/Alernon77)
Makassar -

Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel menyebut saat ini hampir kehabisan vaksin Sinovac untuk tahap II. Vaksin ketiga untuk tenaga kesehatan (nakes) juga disebut telah tiba di Sulsel dan dalam proses penjadwalan untuk dibagi ke kabupaten/kota.

"Bahasa saya nyaris habis vaksin. Untuk daerahnya saya belum bisa sebutkan detailnya. Yang jelas, kondisinya seperti itu. Untuk mana kabupaten yang berteriak dan mana tidak, jangan dulu (disebutkan)," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Sulsel Muhammadong saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (29/7/2021).

Dia mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pemerintah pusat untuk mendatangkan vaksin tahap II merek Sinovac. Dia menyebut ada kesalahan pada sistem sehingga terjadi kekurangan vaksin. Dia juga menyebut telah dilakukan perbaikan pada sistem IT. Pusat menjanjikan distribusi vaksin akan kembali normal pada Agustus nanti.

"Bayangkan semua orang yang sudah divaksinasi pertama harus vaksin kedua. Jadi kalau sudah satu jutaan lebih divaksin, segitu juga kebutuhan kita di Sulsel," sebutnya.

Untuk tahap vaksin tahap III nakes dengan merek Moderna, Muhammadong menyebut vaksin ini telah tiba di Makassar pada Rabu (28/7) malam tadi. Hari ini pihaknya akan melakukan rapat koordinasi untuk mencari jadwal vaksinasi tahap III ini.

"Kita koordinasi dengan kabupaten/kota sebentar. Untuk jumlahnya (jumlah vaksin) saya belum tahu karena baru datang tadi malam, belum dibongkar. Baru maintenance ini alatnya karena ada perlakuan khusus," ucapnya.

Perlu diketahui, pada 14 Juli 2021 total target vaksinasi Provinsi Sulsel mencapai 7.057.525 orang dan saat ini pencapaian vaksinasi COVID-19 sebanyak 1.389.053 orang.

(tfq/nvl)