Kapolri Minta Para Kapolda Gandeng Muhammadiyah: Percepat Vaksinasi COVID

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 12:02 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek vaksinasi di Gedung PP Muhamamdiyah
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek vaksinasi di Gedung PP Muhamamdiyah. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Sigit menyadari kerja sama antarpihak sangat diperlukan dalam rangka mempercepat vaksinasi. Untuk itu, sambung Sigit, Polri menggandeng seluruh organisasi masyarakat, kepemudaan serta berbagai elemen masyarakat.

"Dalam rangka wujudkan herd immunity ini, tentunya akan bisa berjalan dengan lebih baik apabila seluruh elemen ormas, organisasi kepemudaan bisa ikut terlibat," ujar Sigit.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Umum (Sekum) PP Muhammadi,yah Abdul Mu'ti berterima kasih kepada Polri, karena dilibatkan dalam percepatan vaksinasi COVID-19. Dia menyebutkan Muhammadiyah dan kepolisian telah menggelar berbagai kegiatan vaksinasi massal, seperti di Kalimantan Barat (Kalbar), Nusa Tenggara Timur (NTT) dan DKI Jakarta.

"Kami sudah bekerjasama di beberapa tempat misal di Kalbar, NTT dan di beberapa Polsek di lingkungan Jakarta dan sekitarnya. Kami tentu sangat berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan Polri kepada Muhammadiyah, khususnya dalam pelaksanaan vaksinasi di PP Muhammadiyah ini," tutur Mu'ti.

Muti lalu menjelaskan ada 76 rumah sakit (RS) Muhammadiyah yang dilibatkan untuk vaksinasi. 76 rumah sakit tersebut juga memberi penyuluhan, layanan kesehatan, konsultasi psikologi, ketahanan mental, dan spiritual warga.

"Karena pandemi bukan hanya kesehatan murni tapi banyak dampak yang ditimbulkan terutama yang berkaitan dengan kesehatan mental, spiritual, dan ekonomi," kata Mu'ti.

"Mudah-mudahan kerja sama ini dapat kita tingkatkan. Tim bertugas ini dari aliansi RS Islam Jakarta. Kami dapat info yang vaksinasi dapat bantuan dari Pak Kapolri beras 2 ton, yang nanti kami sampaikan ke peserta," sambung dia.


(aud/aud)