Kapolri Minta Para Kapolda Gandeng Muhammadiyah: Percepat Vaksinasi COVID

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Kamis, 29 Jul 2021 12:02 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek vaksinasi di Gedung PP Muhamamdiyah
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek vaksinasi di Gedung PP Muhamamdiyah. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta para kapolda menggandeng Muhammadiyah dalam rangka percepatan vaksinasi COVID-19, demi terbentuknya herd immunity. Sigit mengatakan Muhammadiyah memiliki banyak tenaga kesehatan (nakes) yang dapat membantu program vaksinasi nasional.

"Untuk ke depan, kita terus lanjutkan kegiatan bersama, dalam rangka akselerasi percepatan vaksinasi di seluruh wilayah. Dan nanti saya juga minta seluruh Kapolda untuk melakukan kerja sama (dengan) seluruh rekan Muhammadiyah di seluruh wilayah. Sehingga terbentuk kekuatan dalam rangka sinergi laksanakan percepatan terhadap vaksinasi," kata Sigit di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (29/7/2021).

Di lokasi, Sigit juga meninjau kegiatan vaksinasi yang dilakukan oleh Muhammadiyah, Polri, dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta yang diadakan sejak kemarin (28/7) hingga hari ini. Sigit lalu memberi 2 ton beras, air minum kemasan serta hand sanitizer untuk peserta vaksin.

"Walaupun semua sudah divaksin, jangan lupa kepatuhan memakai masker tetap harus dijaga. emang salah satu upaya agar kita tidak tertmegneular tetap pakai masker, jaga jarak dan ikuti aturan-aturan. Kemudian yang belum divaksin, segera laksanakan," kata Sigit kepada peserta vaksinasi.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek vaksinasi di Gedung PP MuhamamdiyahFoto: Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengecek vaksinasi di Gedung PP Muhamamdiyah. (Annisa Rizky Fadhila/detikcom)

Peserta vaksinasi di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah terdiri dari anggota PP Muhammadiyah beserta majelis, lembaga, organisasi otonom, keluarga besar Muhammadiyah dan masyarakat umum. Kegiatan vaksinasi di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah ditarget mampu menjangkau 500 penerima vaksin COVID-19 per hari.

Sigit lalu menerangkan, sejauh ini Polri dan Muhammadiyah telah menggelar pelayanan vaksinasi COVID-19 di 20 wilayah. Dia mengaku Polri terbantu dengan banyaknya nakes di Muhammadiyah.

"Alhamdulillah kerjasama ini sudah berlangsung beberapa lama, sudah ada 20 sampai 27 kegiatan di kurang lebih 20 wilayah. Yang tentunya ini akan sangat bantu dalam rangka percepat kegiatan vaksinasi," ucap Sigit.

"Alhamdulillah kami senang karena Muhammadiyah memiliki banyak tenaga kesehatan yang tentunya bisa kami kerjasamakan dalam rangka percepatan vaksin," sambung mantan Kabareskrim Polri ini.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.