Penyekatan PPKM Jakarta: Kondisi Hari Ini-Pantauan Lapangan

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 18:44 WIB
Penyekatan PPKM Jakarta: Kondisi Terkini-Pantauan Lapangan
Penyekatan PPKM Jakarta: Kondisi Terkini-Pantauan Lapangan (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Penyekatan di masa perpanjangan PPKM Jakarta masih terus dilakukan. Sejumlah titik penyekatan masih dijaga oleh petugas.

Diketahui pemerintah memperpanjang PPKM level 3-4 di Jawa dan Bali serta non-Jawa-Bali. Aturan ini berlaku mulai Senin (26/7) hingga 2 Agustus 2021.

Adapun para pengendara akan diminta memperlihatkan surat tanda registrasi pekerja (STRP) atau surat tugasnya saat melintasi titik-titik penyekatan. Sebagaimana diketahui, dalam rangka PPKM darurat untuk mencegah penularan virus COVID-19, pemerintah melakukan penyekatan di 100 titik di sejumlah ruas jalan.

Kondisi Penyekatan PPKM Jakarta

Salah satu titik penyekatan berada di Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Diketahui titik ini terbagi menjadi dua jalur, yakni jalur nakes dan non-nakes, yang dibagi dua kendaraan roda empat dan roda dua. Di jalur ini, para petugas gabungan TNI, Polri, dan Dishub DKI berjaga-jaga guna memeriksa para pengendara yang melintas.

Pada Selasa (27/7) pukul 08.35 WIB, terjadi penumpukan kendaraan karena adanya pemeriksaan oleh petugas. Di jalur kendaraan roda empat, antrean mengular hingga 100 meter dari titik penyekatan Lenteng Agung, tepatnya depan flyover tapal kuda. Sementara itu, pada jalur kendaraan dua, tak ada antrean pemeriksaan oleh petugas, pengendara melintas tanpa diinterogasi.

Pengendara roda empat yang melewati jalur nakes dan non-nakes diperiksa oleh petugas. Sementara itu, kendaraan roda dua di jalur non-nakes cenderung lengang meski ada penjagaan. Mereka memeriksa STRP atau surat tugas lainnya.

Pada hari ini (28/7/2021), pukul 08.33 WIB, kondisi penyekatan terpantau lancar. Petugas terlihat berjaga di ruas dan pinggir jalan tapi belum melakukan pemeriksaan surat-surat.

Beberapa pengendara kendaraan roda empat tampak dari kejauhan memegang STRP-nya dan petugas tampak mengayunkan tangan mengisyaratkan kepada pengendara untuk jalan. Sementara itu, pengendara roda dua melintas tanpa memperlihatkan STRP kepada petugas.

Penyekatan PPKM Jakarta: Kendaraan Diputar Balik

Pada Selasa (27/2) ada 175 kendaraan yang diputar balik di titik penyekatan Lenteng Agung pada pukul 05.00-09.00 WIB. Pengendara diputarbalikkan karena tidak memenuhi syarat melintasi titik penyekatan, yakni surat tanda registrasi pekerja (STRP) atau surat tugas.

"Untuk yang tidak bawa surat keterangan kerja kita putar balikkan. Untuk pagi ini kurang-lebih sementara yang diputarbalikkan sekitar kendaraan roda empat sekitar kurang-lebih 75, untuk roda duanya kurang-lebih seratusan," kata Perwira Pengendali Lenteng Agung, Iptu Deni Setiawan, kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

Sementara itu, pada hari ini (28/7/2021) sebanyak 66 kendaraan diputar balik di titik penyekatan Lenteng Agung. Hal ini diungkapkan Perwira Unit Urai Polres Jakarta Selatan, Ipda TB Listyono.

"Mobil 25, motor 41, sejak pukul 06.05 hingga pukul 10.00 WIB pergantian petugas jaga," kata Listyono kepada wartawan, Rabu (28/7/2021).

(izt/imk)