Resto Outdoor Boleh Dine-In, Pemprov DKI Minta Aturan Wajib Vaksin Ditaati

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 18:26 WIB
Restoran outdoor
Ilustrasi Restoran outdoor. (Foto: iStock)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mengizinkan restoran atau kafe yang berada di ruang terbuka atau outdoor melayani dine-in asalkan pengunjung dan pegawai sudah divaksinasi COVID-19. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya mewanti-wanti pelaku usaha mematuhi ketentuan ini.

"Jadi kami ingatkan lagi pada para pelaku usaha untuk benar-benar menerapkan persyaratan tersebut," kata Gumilar melalui keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021).

Gumilar mengatakan persyaratan ini menjadi tolok ukur bagi Pemprov DKI membuka tempat usaha lainnya. Di samping itu, dia meyakini pengecekan sertifikat vaksinasi bisa dilakukan dengan mudah.

"Saat ini ada aplikasi JAKI maupun PeduliLindungi yang memudahkan pelaku usaha dan masyarakat untuk mengetahui sudah atau belum memiliki sertifikat vaksin sehingga menurut kami bukan hal yang susah untuk diterapkan," jelasnya.

Selain itu, Gumilar memastikan pengawasan beserta pengendalian operasional usaha dilakukan oleh Pemprov DKI bersama Polri, TNI, dan Satgas COVID-19. Dia pun meminta masyarakat melapor melalui aplikasi JAKI apabila menemukan tempat usaha yang tidak beroperasi sebagaimana mestinya.

"Sinergi yang baik, kolaborasi semua unsur yang terkait, tanggung jawab dan kesadaran bersama baik pelaku usaha dan pengunjung serta disiplin masyarakat Jakarta yang terlibat dalam kegiatan pariwisata diharapkan mampu menekan angka penyebaran COVID-19 di sektor pariwisata, sehingga ke depannya akan lebih banyak usah pariwisata yang dibuka kembali, dan menjadi salah satu upaya peningkatan ekonomi di masa pandemi ini," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Pemprov DKI Jakarta menerbitkan ketentuan operasional tempat usaha selama perpanjangan PPKM level 4 di Ibu Kota. Kini restoran dan kafe yang berada di ruang terbuka atau outdoor boleh melayani dine-in.

"Kegiatan usaha atau rumah makan, kafe, dengan lokasi yang berada di ruang terbuka dan udara bebas, bukan pada ruangan tertutup, dapat melaksanakan makan di tempat," demikian bunyi surat keputusan ditandatangani Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya yang dilihat, Rabu (28/7/2021).

Restoran diizinkan melayani makan di tempat dengan sejumlah syarat, di antaranya pengunjung dan karyawan sudah divaksinasi COVID-19. Selain itu, waktu makan dibatasi 20 menit dan kapasitas maksimal 25 persen.

"Untuk makan di tempat, setiap pengunjung dibatasi maksimum 20 menit. Karyawan dan pengunjung diwajibkan sudah melakukan vaksinasi, dibuktikan dengan sertifikat vaksin," jelasnya.

Lihat Video: Pengusaha Kafe Ini Sesalkan Peraturan PPKM yang Berubah-ubah!

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)