PPKM di Surabaya Sampai Tanggal Berapa? Cek Infonya di Sini

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 12:24 WIB
PPKM di Surabaya Sampai Tanggal Berapa? Cek Disini!
Kondisi Kota Surabaya saat PPKM. (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

'PPKM di Surabaya sampai tanggal berapa' masih kerap ditanyakan masyarakat. Padahal menurut instruksi Pemerintah Pusat, aturan PPKM level 3-4 berlaku di Pulau Jawa dan Bali, dengan kata lain, Surabaya juga termasuk.

Aturan perpanjangan PPKM level 3-4 di Jawa-Bali dan non Jawa-Bali diumumkan Presiden Joko Widodo pada Minggu (25/7) lalu. Hal ini dilakukan atas sejumlah pertimbangan berbagai hal.

"Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM Level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021. Namun kita akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat yang dilakukan secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati," kata Jokowi dalam konferensi virtual yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

PPKM di Surabaya Sampai Tanggal Berapa?

Karena mengikuti aturan pusat, PPKM di Surabaya akan dilakukan mulai 26 Juli hingga 2 Agustus mendatang. Diketahui Surabaya masuk dalam kategori PPKM level 4 menurut WHO, di mana ada lebih dari 150 kasus COVID-19 per 100 ribu penduduk, lebih dari 30 kasus yang dirawat di rumah sakit per 100 ribu penduduk, dan lebih dari 5 kasus meninggal per 100 ribu penduduk.

Kota Surabaya masuk kategori zona merah. Sementara itu, ada 33 kabupaten/kota lainnya di Jawa Timur yang masuk kategori tersebut sesuai dengan data terbaru. Ada penambahan zona merah di Jawa Timur, hingga kini total ada 34 kabupaten/kota.

"Minggu ini 34 kabupaten kota masuk zona merah. Bertambah satu daerah, sebelumnya 33," ujar Dr Makhyan Jibril, Jubir Satgas COVID-19 Jatim dalam keterangannya, Rabu (28/7).

Dalam daftar zona merah COVID-19 terbaru, kawasan Surabaya Raya (Kota Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik) masuk kategori zona merah COVID-19. Kawasan Malang Raya (Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Malang) juga seluruhnya masuk zona merah COVID-19.

Aturan PPKM di Surabaya

Setelah mengetahui PPKM di Surabaya sampai tanggal berapa, perlu diketahui juga sejumlah pelonggaran aturan yang kini diberikan pemerintah saat perpanjangan PPKM level 4 diberlakukan, antara lain:

1. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat, pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan sehari-hari buka kapasitas maksimal 50 persen sampai pukul 15.00 sore di mana pengaturan lebih lanjut diatur oleh Pemda.

2. Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan dan usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya diatur oleh Pemda.

3. Warung makan, pedagang kaki lima (PKL), lapak jajanan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai pukul 20.00 dan waktu maksimal makan untuk setiap pengunjung 20 menit. Pengunjung diimbau tidak banyak berkomunikasi saat makan.

4. Transportasi umum, kendaraan umum, angkutan massal, taksi konvensional dan online, dan kendaraan sewa rental diperlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 50 persen dengan protokol ketat.

(izt/imk)