Relawan JoMan Kritik Keras Fasilitas Anggota DPR Isoman di Hotel

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 10:01 WIB
Relawan Ahok dari komunitas Batman Immanuel Ebenezer
Immanuel Ebenezer, Ketum JoMan, mengkritik fasilitas anggota DPR isoman di hotel. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Fasilitas isolasi mandiri di hotel kini didapat anggota DPR RI RI. Relawan Jokowi Mania (JoMan) mengkritik keras fasilitas isoman di hotel anggota DPR.

"Ini kok Setjen DPR malah memanjakan anggota Dewan dengan fasilitas gratisan, kan mereka setiap anggota DPR sudah di-cover asuransi 100%. Harusnya anggota Dewan membuat paket sembako untuk 100 ribu orang. Kalau ada 500 DPR, bisa ada 50 juta paket sembako," kata Ketua Umum JoMan, Immanuel Ebenezer atau Noel, Rabu (28/7/2021).

Ketimbang memanfaatkan fasilitas isoman, aksi sosial bansos DPR disebut Noel bisa menstimulan kalangan lain seperti pengusaha untuk ikut membantu masyarakat. Noel mendesak DPR menjadi lini depan penggiat kegiatan sosial di masyarakat.

"Bukannya ada di lini depan. Malah jadi penikmat bantuan. Entah DPR-nya yang meminta atau Sekjen DPR-nya yang punya ide pemborosan," ujar Noel.

Noel berharap anggota DPR dan DPRD berpartisipasi dalam konsolidasi kegiatan sosial serta membantu pemerintah. Dia menyebut mayoritas anggota DPR memiliki banyak rumah, apartemen dan uang untuk membiayai sendiri isoman.

"Masak uang 25 juta saja tidak punya untuk fasilitas mandiri super mewah. Kalau tidak punya ada yang paket 7 jutaan untuk hotel bintang 2. Jangan minta dibayar negara terus," kata Noel.

Sekjen DPR Indra Iskandar memastikan fasilitas hotel untuk isoman bukan program yang dianggarkan. Anggaran fasilitas itu bersumber dari anggaran perjalanan luar negeri yang tidak terpakai dan anggaran lain yang bersifat kontingensi.

"Jadi anggaran COVID ini anggaran kontingensi, bukan yang diprogramkan. Kami menggeser dari anggaran perjalanan luar negeri yang nggak terpakai, dari kegiatan narasumber yang nggak boleh lagi sekarang. Jadi kami menggeser-geser dari dana-dana itu, sifatnya kontingensi, nggak dianggarkan secara utuh tapi kalau dibutuhkan kami revisi. Anggaran COVID kan sekarang ada di setiap kementerian," ujar Indra, Selasa (27/7).

Hotel untuk fasilitas karantina atau isolasi mandiri itu selain untuk anggota DPR juga ditujukan bagi tenaga ahli, hingga staf yang terpapar COVID-19. Fasilitas itu disediakan bagi mereka yang terpapar dengan gejala ringan atau tanpa gejala.

"Yang sudah kerja sama sama kita itu, MoU-nya dengan sama Ibis Grogol, satu lagi di Oasis daerah Pasar Senen Atrium," ujarnya.

Lihat juga video 'Menuai Kritik Warganet, TNI AU Trending di Twitter':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/tor)