PKS Beri Nasihat ke Luhut soal Pesan agar SBY Seperti Habibie

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 08:34 WIB
Mardani Ali Sera
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berpesan agar Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bersikap seperti Presiden RI ke-3 BJ Habibie saat menyampaikan kritik. PKS pun memberi nasihat ke Luhut.

"Komen Pak SBY masih proporsional dan normatif. Anggap saja masukan dari yang sudah berpengalaman, ucapkan terima kasih saja," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Selasa (27/7/2021) malam.

Mardani kemudian bicara soal tantangan berbeda di setiap era kepemimpinan Presiden. Salah satunya, menurut Mardani, adalah pandemi COVID-19.

"Tantangan zaman Pak SBY beda dengan zaman Pak Jokowi. Jadi tidak apple to apple," ucapnya.

"Zaman Pak SBY nggak ada COVID, sekarang ada. Zaman Pak SBY tidak ada perang dagang China dengan USA, sekarang kuat nuansanya. Itu berpengaruh pada investasi," sambung Mardani.

Dia berharap semua pemimpin bisa saling mendukung. Menurutnya, tak baik jika yang di umbar adalah aib-aib dari kedua pihak.

"Ikut filosofi mikul dhuwur mendhem jero (artinya: Mengutamakan hal-hal yang baik dari seseorang dan tidak mengumbar aib-aib seseorang)," ujar Mardani.

Luhut Pesan agar SBY Seperti Habibie

Luhut menceritakan pesannya ke SBY terkait kritik itu dalam acara Kick Andy Double Check, yang tayang pada Minggu (25/7). Luhut dalam acara itu menjadi narasumber.

Di awal-awal sesi, Luhut menjawab berbagai pertanyaan yang dilontarkan. Kemudian, muncul pertanyaan yang menyangkut pesan SBY beberapa tahun lalu kepada Luhut soal jangan main ancam-mengancam. Andy bertanya apakah Luhut memang temperamental.

"Nggak temperamental, memang gayanya orang Batak gitu," kata Luhut seperti dikutip dari YouTube Kick Andy Show, Selasa (27/7).

Simak juga video 'Cerita Hasto soal SBY Pernah Dijuluki 'Bapak Bansos Indonesia'':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman selanjutnya: