Anggota DPRD DKI Minta Pemprov-Warga Tak Terlena Kasus Corona Melandai

Farih Maulana Sidik - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 08:17 WIB
Mujiyono (Foto: Istimiewa)
Foto: Mujiyono (Foto: Istimiewa)
Jakarta -

Penambahan kasus COVID-19 di DKI Jakarta mulai melandai seiring PPKM darurat hingga PPKM Level 4. Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Demokrat (PD) Mujiyono meminta Pemprov DKI Jakarta dan warga tak terlena.

"Kewaspadaan jangan dikendurkan, protapnya jangan dikendurkan. Turun disyukuri betul, tapi jangan sampai itu melenakan kita," kata Mujiyono kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

Dia menyadari banyak warga di Jakarta yang bosan dengan kondisi pandemi Corona. Dia mengaku banyak warga yang menyampaikan keluhan soal pembatasan kegiatan.

Mujiyono berpesan agar Pemprov DKI Jakarta tidak menurunkan standar testing dan tracing walau kasus COVID-19 di Jakarta mulai melandai. Dia mengingatkan agar warga dan Pemprov DKI tak anggap remeh dengan Corona.

"Tapi kalau testing-nya terus standar atau meningkat atau paling tidak tetap. Sementara yang kasus positifnya berkurang, nah berarti itu ada perkembangan baik. Nah apapun ceritanya buat Pemprov dan stakeholder terkait, termasuk masyarakat juga jangan pernah terlena dengan hal tersebut, jangan pernah meremehkan COVID kayak waktu awal-awal," ucapnya.

Dia juga mendorong vaksinasi COVID-19 terus digencarkan. Dia berharap vaksinasi bisa membantu pencegahan Corona.

"Karena dengan vaksinasi itu bagian dari langkah efektif untuk mengurangi tingkat kematian. Makin banyak yang divaksin otomatis akan terbentuk herd immunity karena divaksin," ujarnya.

Berdasarkan catatan corona.jakarta.go.id per Selasa (27/7/2021) ada 40.809 kasus aktif Corona atau pasien COVID-19 yang dirawat dan tengah menjalani isolasi. Jumlah itu berkurang 11.184 pasien dari hari sebelumnya.

Laporan tersebut menurun jika dibandingkan dengan catatan pekan lalu. Misalnya per Senin (19/7), kasus aktif Corona DKI Jakarta masih di atas 100 ribu yaitu 108.728. Sementara penambahan kasus baru Corona di DKI Jakarta juga menurun beberapa hari terakhir.

Per Selasa (27/7), DKI Jakarta menyumbang 3.567 kasus, sedangkan per Senin (26/7), DKI Jakarta 'hanya' menyumbang 2.662 kasus.

Kabar baik lainnya, kasus sembuh Corona di DKI Jakarta per Selasa (27/7) menembus 14.583 kasus. Di hari sebelumnya, Senin (26/7), angka kesembuhan Corona di DKI Jakarta juga melampaui 14 ribu kasus.

Meski begitu, jumlah RT zona merah COVID-19 di DKI Jakarta masih tinggi. Terbanyak di Jakarta Barat dengan total 48 RT zona merah COVID-19.

Simak video 'Mewaspadai Varian AY.1 'Delta Plus' yang Disebut Sudah Terdeteksi di RI':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/haf)