PKB ke Luhut: SBY Bukan Habibie dan Tak Perlu 'di-Habibie-kan'

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 28 Jul 2021 05:37 WIB
Jazilul Fawaid
Foto: Dok. MPR
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, berpesan kepada Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar bersikap Presiden ke-3 B.J Habibie saat mengkritik. Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, menyebut SBY bukan Habibie sehingga tidak perlu menjadi seperti Habibie.

"Pak SBY bukan Pak Habibie dan nggak perlu 'di-Habibie-kan'. Toh Pak SBY selama ini juga tetap menjaga kesantunan dalam berpolitik," kata Jazilul saat dihubungi, Selasa (27/7/2021).

Jazilul menyebut seharusnya Luhut dan SBY saling mengedepankan persaudaraan di tengah kondisi pandemi COVID-19. Menurutnya, kedua Jenderal purnawirawan ini saling membesarkan satu sama lain.

"Hemat kami, kedepankan semangat persaudaraan dan keteladanan dalam bingkai nilai Pancasila, apalagi di saat yang serba sulit akibat COVID-19 seperti ini. Orang besar saling membesarkan, bukan mengecilkan," ucapnya.

Jazilul meminta semua pihak tidak membesar-besarkan pernyataan Luhut. Dia mengingatkan semua orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"Nggak usah dibikin heboh. Toh, Kita semua maklum Pak SBY dan Pak Luhut, sama-sama Jenderal yang memiliki segudang prestasi, meskipun beda gaya, watak dan perjalanan kariernya. Namun keduanya pasti juga tidak sempurna, memiliki kekurangan dan kelebihan. Tentu agar saling menutupi kekurangan yang ada, kami berharap keduanya saling memahami keadaan masing-masing, kami yakin keduanya tiada henti berusaha untuk kemajuan bangsanya," ujarnya.

Lihat juga video 'Cerita Hasto soal SBY Pernah Dijuluki 'Bapak Bansos Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.