Anies Yakin Target Jokowi 7,5 Juta Vaksin di Jakarta Tercapai Lebih Cepat

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 16:16 WIB
Presiden Jokowi didampingi Gubernur DKI Anies Baswedan meninjau vaksinasi massal COVID-19 di Stadion GBK. Jokowi ingin memastikan program vaksinasi berjalan dengan baik.
Jokowi Bareng Anies Tinjau Vaksinasi Massal di GBK. (Andika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan saat ini sekitar 7,1 juta warga Ibu Kota telah divaksinasi COVID-19. Anies optimistis target 7,5 juta vaksinasi yang diminta Presiden Joko Widodo bisa dicapai lebih cepat.

"Sejauh ini seperti ditargetkan Bapak Presiden, Jakarta ditargetkan 7,5 juta di akhir bulan Agustus. Itu sudah ditetapkan. Per hari ini kita sudah memvaksin 7,1 juta lebih. Mungkin nanti sore keluar datanya, bisa 7,2 juta. Artinya, Jakarta bisa lebih cepat dalam meraih target yang sudah ditetapkan oleh Presiden," kata Anies kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

Anies pun memastikan program vaksinasi terus berlanjut meskipun target 7,5 juta segera tercapai. Program vaksinasi dilanjutkan dengan menyasar 4 komponen warga, salah satunya warga berdomisili di Jakarta.

"Satu adalah warga KTP Jakarta; kedua adalah warga yang domisili di Jakarta, belum tentu KTP Jakarta tapi tinggal di Jakarta; ketiga, mereka yang bekerja di Jakarta; dan keempat, mereka yang belajar di Jakarta. Empat kelompok ini yang kita target untuk bisa tervaksin di sini. Karena itu, kami tidak berhenti di angka 7,5 juta, kami akan jalan terus memastikan minimal 4 ini tervaksin," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemprov DKI sedang mengupayakan percepatan vaksin agar meningkatkan target vaksinasi per hari. Pemprov pun kini menargetkan dalam sehari harus bisa menyuntikkan vaksin ke 190.000-200.000 orang per hari.

"Kita mengejar target sebagaimana yang diminta Pak Jokowi agar akhir Agustus kita bisa mencapai 7,5 juta orang warga disuntik dosis dua," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Minggu (25/7/2021).

Kemudian, gerakan vaksinasi juga dilakukan dari yang paling bawah, yaitu RT/RW. Dalam setiap harinya, per kelurahan ditargetkan mampu menyuntikkan dosis vaksin ke 1.000 warga dalam setiap hari.

Simak video 'Anies Klaim DKI Sudah Vaksinasi Covid-19 7,1 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)