Anies Tunjukkan Foto IGD RSUD di Jakarta Kini Lengang

Tim detikcom - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 21:41 WIB
Kepgub Nomor 796 Tahun 2021 Soal PPKM Mikro, Ini Isinya
Anies Baswedan (Youtube/Pemprov DKI Jakarta)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memamerkan foto kondisi sejumlah instalasi gawat darurat rumah sakit umum daerah atau IGD RSUD di Jakarta. Terlihat dalam foto yang ditampilkan Anies kondisi sejumlah IGD RSUD di Jakarta itu kini lengang dari pasien Corona.

Anies menunjukkan foto kondisi IGS RSUD di Jakarta dalam unggahan Instagram pribadinya, Senin (26/7/2021). Dua foto pertama yang ditunjukkan Anies adalah kondisi IGD di RSUD Duren Sawit pada 28 Juni dan 26 Juli.

"Alhamdulillah, atas izin Allah dan sejak kita semua sama-sama mengurangi mobilitas, situasi pandemi di Jakarta terus mengalami penurunan dan insyaallah bisa keluar dari masa genting, terlihat dari keterisian IGD berbagai rumah sakit di Jakarta," kata Anies.

Anies juga menunjukkan kondisi IGD RSUD Cempak Putih, RSUD Koja, RSUD Kebayoran Lama, RSUD Pademangan, RSUD Cengkareng, dan RSUD Keboyaran Baru. Tampak dalam unggahan foto tersebut kondisi IGD RSUD itu lengang dari pasien Corona.

"Selama beberapa minggu terakhir memantau dan mengunjungi beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang ada di Jakarta. Kondisi di rumah sakit kini semakin terkendali karena kapasitas tempat tidur isolasi Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga ICU tersedia," ujarnya.

Anies bercerita tadi pagi dirinya juga baru berkunjung ke RSUD Budhi Asih dan RSKD Duren Sawit. Situasinya, kata Anies, sudah jauh berbeda dibanding ketika dirinya berkunjung sebulan yang lalu ke Duren Sawit.

"Saat itu RS begitu penuh, bahkan selasar depan IGD pun dipenuhi oleh pasien yg antre masuk ke dalam IGD, kamar rawat inap dan ICU. Kini, selasar IGD itu sudah kosong, pasien dapat langsung masuk ke IGD. Situasi ini serupa di begitu banyak RSUD di Jakarta," ucapnya.

Mantan Mendikbud ini berharap pasien Corona yang keluar dalam kondisi sembuh dari fasilitas kesehatan semakin banyak. Sedangkan yang masuk semakin sedikit, sehingga beban di fasilitas kesehatan akan terus berkurang.

"Urutannya adalah antrean IGD, lalu kamar rawat inap, dan ICU. Antrean IGD sudah terurai, semoga berikutnya diikuti dengan pelonggaran di kamar rawat inap dan di ICU," sebut Anies.

Simak video 'Anies Baswedan: Jakarta Mulai Jauhi Kondisi Genting':

[Gambas:Video 20detik]