Anies Ungkap 42 Ribu Pasien Corona Jakarta Masih Isoman-Dirawat di RS

Tiara Aliya - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 13:13 WIB
Anies Baswedan (tangkapan layar YouTube Kadin Indonesia)
Anies Baswedan (tangkapan layar YouTube Kadin Indonesia)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sekitar 42 ribu pasien COVID-19 menjalani perawatan COVID-19. Sebanyak 29 ribu di antaranya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

"Kalau kita perhatikan data datanya kita menyaksikan bahwa masih ada lebih dari 29.000 orang di Jakarta yang masih menjalani isolasi mandiri," kata Anies kepada wartawan, Selasa (27/7/2021).

Anies kemudian membeberkan, 10 ribu pasien lainnya dirawat di rumah sakit penanganan COVID-19 di Jakarta, baik di ruang isolasi maupun ICU. Selain itu, 3.900 pasien dirawat di Wisma Atlet.

"Masih ada 8.600 yang dirawat di rumah sakit. Ada 1.400 yang dirawat di ICU, masih ada 3.900 yang berada di Wisma Atlet dan mereka semua membutuhkan perawatan membutuhkan fasilitas," jelasnya.

Anies juga memaparkan data keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit Jakarta mengalami penurunan. Saat ini, Keterisian tempat tidur isolasi mencapai 73 persen, sedangkan keterisian ruang ICU 89 persen.

"Di Jakarta ini ada 140 RS yang menangani COVID lalu tingkat keterisian dari tempat tidur isolasi per kemarin itu 73 persen nanti sore ada data terbaru. Tapi kemarin 73 persen itu sudah lebih rendah daripada pekan-pekan sebelumnya, sekitar 95 persen ICU masih di angka 89 persen," jelasnya.

"Mudah-mudahan nanti ICU berkurang lagi orangnya pada sembuh bisa pulang tempat tidur rawat inap juga berkurang karena pada sembuh dan bisa pulang," lanjut Anies.

(mae/mae)