Syarat Naik KRL Selama PPKM Level 3-4 Diperpanjang, Sudah Tahu?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 27 Jul 2021 11:35 WIB
Syarat Naik KRL Selama PPKM Level 3-4 Diperpanjang, Sudah Tahu?
Syarat Naik KRL Selama PPKM Level 3-4 Diperpanjang, Sudah Tahu? (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah syarat naik KRL selama PPKM level 3-4 diperpanjang perlu dipahami masyarakat. Diketahui, aturan terbaru pun disampaikan pihak KAI guna mendukung kebijakan yang dimulai sejak 26 Juli hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

KRL hanya melayani masyarakat yang bekerja di sektor esensial, sektor kritikal, dan bidang-bidang usaha yang kembali diizinkan buka oleh pemerintah dengan protokol kesehatan ketat, serta masyarakat dengan kebutuhan mendesak. Hal ini merujuk kepada Surat Edaran Kementerian Perhubungan No 50 Tahun 2021.

Syarat Naik KRL Selama PPKM Level 3-4 Diperpanjang

Sama seperti aturan sebelumnya, pengguna KRL masih harus membawa dan menunjukkan dokumen syarat perjalanan untuk naik KRL. Aturan ini berlaku mengikuti kebijakan perpanjangan PPKM level 3-4 yang berlaku mulai 26 Juli-2 Agustus 2021.

"Para pengguna KRL masih harus membawa dan menunjukkan dokumen syarat perjalanan saat hendak menggunakan KRL. Ketentuan - ketentuan tersebut masih akan tetap berlaku mulai Senin 26 Juli hingga 2 Agustus 2021. Para pekerja di sektor usaha yang sudah diizinkan oleh pemerintah untuk kembali dibuka dengan protokol kesehatan ketat juga kami minta untuk menyiapkan surat-surat dan dokumen syarat perjalanan yang sesuai," demikian pengumuman yang disampaikan KAI Commuter melalui Instagram @commuterline.

Adapun syarat dokumen yang diminta antara lain seperti STRP atau surat keterangan dari pemerintah daerah setempat, atau surat tugas dari pimpinan perusahaan maupun instansi pemerintahan tempatnya bekerja.

Sementara itu, untuk pengguna KRL dengan kebutuhan mendesak seperti keperluan pengobatan/medis, persalinan, duka cita, dan vaksinasi juga wajib menunjukkan dokumen atau surat keterangan yang sesuai.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba juga mengingatkan agar pengguna KRL menggunakan masker ganda dengan masker medis yang dilapis masker kain sebagaimana yang direkomendasikan Kementerian Kesehatan, atau menggunakan masker jenis N95, KN95, atau KF94 tanpa perlu dirangkap.

"Para pengguna diharapkan juga mencuci tangannya sebelum dan sesudah naik KRL memanfaatkan fasilitas tempat cuci tangan tambahan di stasiun-stasiun," kata Anne dalam keterangan tertulis.

Operasional KRL Selama PPKM Level 3-4 Diperpanjang

Syarat naik KRL selama PPKM level 3-4 diperpanjang kini sudah diketahui. Lalu bagaimana dengan jam operasional KRL yang berlaku mulai 26 Juli 2021?

1. Untuk KRL Commuter Line wilayah I (Jabodetabek), jam operasional KRL mulai 04.00-22.00 WIB dengan maksimal 1 kereta/gerbong diisi 52 orang. Pihak KAI commuter menjalankan 982 perjalanan setiap hari dengan masing-masing 94 rangkaian kereta.

Untuk pemberhentian di stasiun Rangkasbitung, Citeras, dan Maja, KRL hanya melayani naik turun pengguna pada dua waktu, yaitu:
a. Pagi: 04.00-07.30 WIB
b. Sore: 16.15-19.15 WIB

2. Untuk KRL Commuter Line wilayah 6 (Yogya-Solo), jam operasional KRL dimulai pukul 05.05-18.30 WIB dengan maksimal 1 kereta/gerbong diisi 52 orang. Pihak KAI commuter menjalankan 20 perjalanan setiap hari dengan masing-masing 3 rangkaian kereta.

3. Untuk KA Lokal Prameks (Yogya-Kutoarjo), jam operasional KRL dimulai pukul 05.05-17.35 WIB dengan maksimal 1 kereta/gerbong diisi 50 persen dari kapasitas maksimal.
Pihak KAI commuter menyediakan 8 perjalanan setiap hari dengan masing-masing 4 rangkaian kereta.

(izt/imk)