Calon Paskibraka 2021 Dapat Pembinaan Ideologi Pancasila dari BPIP

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 22:40 WIB
Calon Paskibraka 2021 Dapat Pembinaan Ideologi Pancasila dari BPIP
Foto: BPIP
Jakarta -

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan pembekalan Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) kepada para calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional tahun 2021. Ini merupakan tahun pertama dilaksanakan kegiatan pembekalan PIP bagi calon Paskibraka Nasional.

Pembekalan materi PIP untuk para calon Paskibraka merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 dan Peraturan BPIP Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila pada Generasi Muda Melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Dalam Perpres tersebut disebutkan, PIP Paskibraka dilaksanakan mulai dari tingkat kabupaten/kota, Provinsi sampai tingkat nasional. Selanjutnya, para calon Paskibraka yang telah mengikuti dan menyelesaikan PIP akan ditetapkan sebagai Paskibraka Duta Pancasila.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan Paskibraka 2021 diharapkan mampu menjadi duta Pancasila di masa generasi yang akan datang.

"Saya berharap agar adik-adik Paskibraka 2021 tahun ini bisa menjadi pelopor yang dapat diteladani oleh generasi muda yang akan datang. Sehingga dapat menjalankan tugas dan bisa merawat Pancasila dimasa yang akan datang," ungkap Yudian dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (26/7/2021).

Sementara itu, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Niam menyampaikan Paskibraka mengemban tugas yang lebih besar dari sekadar mengibarkan bendera.

"Perlu dicatat baik baik, Paskibraka bukan sekedar bertugas sebagai pengibar bendera, bukan sekedar untuk baris berbaris dan mengibarkan bendera saat HUT Kemerdekaan RI, tapi di pundak adik adik ada amanah besar, sosok kader pemimpin kader nasional," ungkap Asrorun.

Deputi Bidang Pendidikan dan Latihan BPIP Babby Siti Salamah menyebut peserta Calon Paskibraka terpilih merupakan kader pemimpin bangsa. Untuk itu, mereka diberikan pembekalan PIP untuk membangun karakter para calon Paskibraka Nasional sebagai agen perubahan dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

"Dalam diri peserta diharapkan akan terbentuk karakter kepemimpinan, keterampilan, kedisiplinan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, cinta pada Tanah Air, persatuan dan kesatuan serta peningkatan wawasan kebangsaan, terbentuknya jiwa semangat patriotisme dan nasionalisme," ulas Babby.

Pembekalan materi PIP dipandu oleh pegawai BPIP Marta dan Wike dikemas dalam bentuk penayangan video materi para Dewan Pengarah BPIP dan pimpinan BPIP. Kegiatan juga diselingi dengan game dan kuis.

(ncm/ega)