BPIP-DPR Sepakati Pancasila Jadi Dasar Pembuatan UU

Dwi Andayani - detikNews
Selasa, 22 Jun 2021 02:07 WIB
Ilustrasi hari lahir Pancasila
Foto: Ilustrasi (Fuad Hasim/detikcom)
Jakarta -

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menandatangani nota kesepahaman atau MoU. Kesepakatan ini untuk meningkatkan kerja sama menjadikan Pancasila dalam pembentukan peraturan perundang-undangan.

Penandatangan nota kesepahaman ini dilakukan di DPR, komplek Parlemen, Senin (21/6/2021). Ditandatangani oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi serta Ketua DPR Puan Maharani.

"Saya berharap dapat mewujudkan kerja sama yang baik dalam rangka institusionalisasi dan internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam pembentukan peraturan perundang-undangan," kata Yudian dalam sambutannya.

Disebut internalisasi nilai Pancasila dalam pembentukan peraturan perundang-undangan dapat berupa berbagai cara. Di antaranya dalam pelaksanaan penelitian, pengkajian, sosialisasi, dan kegiatan lainnya dalam rangka penguatan nilai-nilai Pancasila.

Dengan kerjasama ini juga diharapkan terjadi semangat gotong royong dalam mengaktualisasikan Pancasila. Hal ini dinilai dapat sesuai dengan fungi DPR dan BPIP.

"Dengan begitu terjadi semangat gotong-royong dalam mengaktualisasikan Pancasila sesuai tugas fungsi DPR RI dan BPIP," tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Puan mengatakan sebagai bangsa harus bangga memiliki Pancasila. Disebut tidak hanya ditempatkan sebagai slogan atau simbol melainkan mengisi seluruh tatanan berbagai bidang sepergi politik, ekonomi, hingga sosial.

"Sebagai bangsa kita harus bangga memiliki Pancasila sebagai ideologi, bangsa kita sebagai bagian identitas bangsa kita. Pancasila sebagai jiwa bangsa tidak semata-mata ditempatkan sebagai slogan, simbol dan semacamnya," tuturnya.

"Sangat penting untuk menjamin bahwa pancasila mengisi seluruh tatanan politik sosial ekonomi dan kehidupan beragama jiwa bangsa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," sambungnya.

Simak juga 'Sederet Harapan Warganet di Hari Lahir Pancasila':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/rfs)