Dirut Pegadaian Diganjar Dua Penghargaan CEO di Masa Pandemi

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 14:59 WIB
Pegadaian
Foto: Pegadaian
Jakarta -

Dirut PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto meraih dua penghargaan kepemimpinan dalam pengelolaan perusahaan di tengah pandemi COVID 19. Penghargaan pertama yakni Tokoh Bisnis Berpengaruh di ajang MAW Talk Awards (MTA) 2021.

Penghargaan kedua sebagai Indonesia Best CEO Award Employee's Choice 2021 kategori Best CEO in Special Financing-General Category dari The Iconomics berdasarkan studi melibatkan penilaian staf.

"Atas nama manajemen dan seluruh Insan Pegadaian saya mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha esa atas kesempatan untuk berpartisipasi dalam menjalankan tugas dan pekerjaan sebagai bagian dari BUMN untuk Indonesia," ujar Direktur Utama PT Pegadaian (Persero) Kuswiyoto dalam keterangan tertulis, Senin (26/7/2021).

Lebih lanjut, Kuswiyoto mengatakan pandemi COVID-19 secara umum sangat mempengaruhi kondisi perekonomian domestik maupun global. Namun, kinerja Pegadaian tetap tumbuh positif. Hal ini tidak lepas dari program transformasi perusahaan yang adaptif terhadap perubahan lingkungan bisnis.

"Saya mendedikasikan penghargaan ini kepada seluruh Insan Pegadaian yang terus mendukung program-program perusahaan serta senantiasa bekerja keras di garda depan dalam membantu dan melayani masyarakat," ujar Kuswiyoto.

Untuk diketahui, penghargaan pertama yang diberikan untuk mengapresiasi dan mendorong lahirnya para pemimpin dan organisasi yang mampu menunjukkan inovasi unggul, berintegritas, dan berpengaruh di ekosistem masing-masing. Penilaian diberikan atas kiprah para tokoh selama satu tahun terakhir.

Para peraih penghargaan MTA 2021, dinilai melalui proses bertahap, mulai dari kandidasi sebanyak 700 tokoh dan organisasi yang diolah melalui mesin pencari digital. Kemudian diakhiri dengan penjurian kualitatif untuk menentukan pemenang oleh lima orang Dewan Juri akademisi komunikasi berpengaruh dari lima perguruan tinggi besar di Yogyakarta.

Mereka adalah Dr Masduki (Universitas Islam Indonesia), Dr Christina Rochayanti (UPN Veteran Yogyakarta), Dr Adhianty Nurjanah (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), Dr Rahayu (Universitas Gadjah Mada), dan Dr Lukas Ispandriarno (Universitas Atma Jaya Yogyakarta).

Kemudian penghargaan kedua sebagai Indonesia Best CEO Award Employee's Choice 2021 kategori Best CEO in Special Financing-General Category dari The Iconomics berdasarkan studi melibatkan penilaian staf. The Iconomics mengapresiasi sejauh mana para CEO ini dalam melakukan upaya di situasi umum dan khusus seperti saat pandemi.

Survei dilakukan terhadap ribuan staf dan karyawan berbagai industri dan kategori, dengan total responden mendekati 10.000 (kumulatif) pada awal Juni 2020. Penilaian dilakukan melalui kuesioner online tanpa melakukan kuota geografis maupun jenjang jabatan.

Responden diminta melakukan penilaian terhadap CEO institusinya dan diperkenankan melakukan penilaian terhadap CEO institusi lain dalam kategori industri atau kegiatan sejenis.

(akd/ega)