Senangnya PKL Bisa Dagang Lagi Usai Pasar Tanah Abang Kembali Dibuka

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 14:59 WIB
PKL di Tanah Abang (Adhyasta/detikcom)
PKL di Tanah Abang (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus), kembali dibuka usai pemerintah memutuskan PPKM Level 4 diperpanjang dengan pelonggaran bagi usaha kecil. Pedagang kaki lima (PKL) mengaku senang karena Pasar Tanah Abang telah dibuka.

"Sudah senang, sudah bisa dagang," ujar penjual sandal yang menjajakan dagangannya di trotoar, Jimmy, saat ditemui, Senin (26/7/2021).

Jimmy mengatakan dirinya baru bisa kembali berdagang hari ini. Biasanya, dia bisa meraup Rp 300 ribu dalam sehari.

"Iya baru hari ini. Dari kemarin nggak ada pemasukan. Biasanya bisa Rp 300 ribu sehari," katanya.

Jimmy, PKL di Tanah Abang (Adhyasta/detikcom)Jimmy, PKL di Tanah Abang (Adhyasta/detikcom)

Kemudian, ada Marpu'ah, yang berjualan kopi dan rokok. Marpu'ah senang bisa kembali mencari nafkah dengan tenang demi membayar biaya sekolah anaknya.

"Oh senang, bersyukur. Karena kan orang dagang, udah bisa nyari nafkah. Apalagi anak kebutuhan sekolah banyak gitu," tutur Marpu'ah saat ditemui terpisah.

Marpuah, PKL di Tanah Abang (Adhyasta/detikcom)Marpu'ah, PKL di Tanah Abang (Adhyasta/detikcom)

Marpu'ah menyebut dirinya biasa kucing-kucingan dengan Satpol PP sebelum PPKM dilonggarkan. Kini, PPKM Level 4 telah dilonggarkan, sehingga Marpu'ah merasa tenang.

"Kalau saya sih dagang setiap hari. Tapi kalau ada Satpol PP saya minggir. Tapi kalau PPKM dilonggarkan kan berarti udah bebas. Paling saya terapkan prokes aja pakai masker," terangnya.

Marpu'ah berharap pemerintah bisa mencari solusi bagi rakyat kecil. Dia berharap pemerintah bisa memberi kesejahteraan.

"Harapan saya untuk pemerintah ya kasih kesejahteraan aja untuk rakyatnya," harap Marpu'ah.

Berdasarkan pantauan detikcom siang ini di Tanah Abang, masih banyak PKL lain tidak taat protokol kesehatan (prokes). Mereka tidak memakai masker. Petugas Satpol PP dan kepolisian pun hanya berpatroli sesekali.

Diketahui, Presiden Jokowi memutuskan melanjutkan PPKM level 4 dengan sejumlah penyesuaian untuk usaha kecil. Pasar rakyat diizinkan beroperasi.

Dalam relaksasi PPKM level 4, sejumlah aturan diubah. Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat. Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen dengan jam buka terbatas sampai pukul 15.00 WIB. Usaha-usaha kecil seperti pedagang kaki lima diizinkan buka dengan protokol kesehatan ketat sampai jam tertentu.

"Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen atau outlet voucher, pangkas rambut, laundry, pedagang asongan, bengkel kecil, cucian kendaraan, dan usaha-usaha kecil lain yang sejenis diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai dengan pukul 21.00 WIB yang peraturan teknisnya diatur pemerintah daerah," kata Jokowi.

"Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajanan, dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka diizinkan buka dengan protokol kesehatan yang ketat sampai pukul 20.00 WIB dan maksimum waktu makan untuk setiap pengunjung 20 menit," ujar Jokowi.

(isa/isa)