Bobby Tunggu Instruksi Gubsu Edy soal Pelaksanaan PPKM Level 4 di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 14:35 WIB
Bobby Nasution (tengah)/Datuk-detikcom
Foto: Bobby Nasution (tengah)/Datuk-detikcom
Medan -

Medan menjadi salah satu wilayah yang diwajibkan menerapkan PPKM level 4 di luar Jawa dan Bali. Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan masih menunggu Instruksi Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi soal pelaksanaan PPKM level 4.

"Kami tentunya Pemerintah Kota Medan masih menunggu Ingub (Instruksi Gubernur) untuk penjabaran lebih lanjut di Kota Medan," kata Bobby di Medan Senin (26/7/2021).

Bobby mengatakan PPKM level 4 tak ditujukan untuk melarang warga. Dia menyebut PPKM level 4 adalah kegiatan untuk mengedukasi masyarakat yang belum paham soal protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"PPKM level 4 ini kita maknai bukan untuk aksi melarang sana, melarang sini, tapi kegiatan ini adalah kegiatan untuk mengedukasi masyarakat yang belum tahu dan yang belum paham prokes. Fungsinya untuk apa? Ini lah dia, kegiatan ekonomi, bukan dilarang, tidak ada pelarangan. Kami dari kemarin mengatakan tidak ada pelarangan, tidak ada larangan tidak boleh berjualan, silakan berjualan tapi di situ sudah jelas aturannya," tutur Bobby.

"Boleh jualan asal tidak makan di tempat, hari ini diperbolehkan, namun ada batas waktunya, kenapa batas waktunya ditentukan, karena semakin lama kita berinteraksi, semakin tinggi kemungkinan penyebaran COVID-19 terjadi. Hal ini kita maknai dari beberapa hari yang sudah dijalankan, aktivitas masyarakat kita bisa lihat turun," sambungnya.

Bobby juga menjelaskan sempat ada lonjakan kasus Corona di Medan. Menurutnya, saat ini tambahan kasus Corona harian di Medan mulai turun lagi.

"Beberapa kasus di Kota Medan sudah saya sampaikan awalnya kira-kira 1 setengah bulan lalu rata-rata kasus kita 40 sampai 60, meningkat sampai 500 lebih. Ini menandakan penyebaran COVID-19 semakin luar biasa di Kota Medan. Dengan adanya PPKM darurat, PPKM level 4 lihat pluktuasinya kemarin menurun dari 500 ke 400, sampai ke 200-an. Namun bisa kita saksikan sama-sama, ketika agak dilonggarkan naik lagi. Ini yang harus kita maknai," ucap Bobby.

Menantu Presiden Jokowi ini juga menyinggung soal bed occupancy rate (BOR) rumah sakit rujukan Corona di Kota Medan yang meningkat. Bobby menyebut pihaknya telah menyiapkan lokasi untuk isolasi di luar rumah sakit.

"BOR meningkat, ini meningkat terus angkanya kita siapkan tempat-tempat untuk isolasi, itu Hotel Soechi dan dari provinsi ada juga cuma intinya BOR itu ujung terakhir, kalau bisa jangan sampai situ, jadi jangan kita omongin itu dulu. Hulunya yang paling penting, biar jangan terisi cemana caranya itu dulu," ucap Bobby Nasution.

Pemerintah telah memperpanjang pelaksanaan PPKM level 4. PPKM level 4 bakal dilaksanakan hingga 2 Agustus 2021.

(haf/haf)