Jokowi: Doa Ulama dan Ikhtiar, Kita Akan Mampu Lewati Ujian Saat Ini

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 12:27 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengutip pernyataan WHO terkait kemungkinan adanya varian baru COVID-19. Jokowi mengatakan varian baru COVID-19 tersebut bisa menyebabkan pandemi lebih panjang.

"Sebagaimana kita ketahui sampai saat ini pandemi belum juga berakhir, bahkan beberapa hari yang lalu WHO menyampaikan diperkirakan akan muncul lagi varian-varian baru dan hal itu bisa menyebabkan pandemi akan lebih panjang dari yang kita perkirakan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan secara virtual dalam acara Milad MUI Kk-46, Senin (26/7/2021).

Kendati demikian, Jokowi meyakini doa dari para ulama akan membantu Indonesia melewati ujian pandemi ini. Selain itu, Jokowi menekankan mengenai pentingnya vaksinasi dan disiplin protokol kesehatan.

"Saya menyakini dengan doa para ulama dan ikhtiar yang sungguh-sungguh kita akan mampu melewati ujian yang sedang kita alami saat ini. Kuncinya ada dua pertama, kita harus patuh dan disiplin menjalankan protokol kesehatan dan yang kedua adalah kecepatan vaksinasi untuk terwujudnya kekebalan komunal," ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada MUI atas perannya selama ini dalam kehidupan keagamaan dan kebangsaan di Indonesia. MUI juga dinilai mempunyai perang penting dalam memberikan imbauan kepada umat selama pandemi COVID-19.

"Pemerintah juga sangat mengapresiasi setinggi-tingginya atas tausiyah MUI yang mengimbau umat Islam agar menjadi pelopor dalam mengatasi pandemi COVID-19. Hal ini mencerminkan komitmen luhur MUI untuk menjaga keselamatan jiwa dan kemaslahatan bersama," ujar Jokowi.

Simak video 'Jokowi Minta MUI Bantu Jelaskan Vaksin Corona Aman & Halal':

[Gambas:Video 20detik]



(knv/tor)