Tak Ada Antrean Cek STRP di Pos PPKM Level 4 Mampang Jaksel Pagi Ini

Annisa Rizky - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 09:14 WIB
Suasana di pos penyekatan Mampang Prapatan, Senin (26/7/2021)-(Annisa-detikcom)
Suasana di pos penyekatan Mampang Prapatan, Senin (26/7/2021). (Annisa/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah telah memperpanjang PPKM level 3 dan 4 untuk menekan laju penyebaran virus Corona atau COVID-19. Suasana pos penyekatan di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan (Jaksel), terlihat lengang.

Pantauan detikcom, Senin (26/7/2021), terlihat tak ada antrean pengendara di pos penyekatan PPKM level 4 Mampang Prapatan. Petugas juga terlihat tidak melakukan pengecekan surat tanda registrasi pekerja (STRP).

Sejumlah pengendara juga terlihat melintas di jalur khusus tenaga kesehatan (nakes), ambulans dan darurat. Sejumlah petugas terlihat berada di sekitar lokasi.

Pos penyekatan di Mampang Prapatan ini menjadi salah satu titik penyekatan selama PPKM darurat hingga kemudian berubah nama menjadi PPKM level 4.

Kasat PJR Polda Metro Jaya, Kompol Sutikno, sempat menjelaskan soal pemeriksaan selama PPKM level 4 tak seketat PPKM darurat. Dia menilai pengendara yang melintas di jalan ini sudah mempunyai STRP atau surat pendukung lainnya.

Suasana di pos penyekatan Mampang Prapatan, Senin (26/7/2021)-(Annisa-detikcom)Suasana di pos penyekatan Mampang Prapatan, Senin (26/7/2021). (Annisa/detikcom)

Dia juga menilai mobilitas masyarakat yang melintas di depan Halte TransJakarta Mampang Prapatan sudah jauh menurun sejak penyekatan diberlakukan. Sutikno menyebut mobilitas masyarakat turun 40 persen.

"Situasinya memang agak berbeda dengan sebelumnya. Ada 40 persen penurunan kendaraan. Yang jelas sejauh ini penyekatan berjalan lancar," kata Sutikno, Jumat (23/7).

Sutikno juga mengatakan, tidak ketatnya pemeriksaan juga dikarenakan terbatasnya petugas yang berjaga. Karena itu, kata dia, petugas tidak bisa secara penuh memeriksa seluruh pengendara yang melintas.

"Dengan situasi dan kondisi jumlah anggota yang hanya beberapa orang, kalau berdiri terus-terusan juga nggak kuat kan. Makanya kita longgarkan. Tapi terkadang anggota yang terbatas itu jadi kendala kita. Jadi ya semampunya lah kita lakukan. Yang jelas perintah pimpinan sudah kita laksanakan. Ini barusan saya minta lagi anggota TNI dikirim ke sini (Mampang), supaya kekuatan bertambah," ujarnya.

Simak video 'PPKM Diperpanjang, Ini Syarat Naik Kereta Terbaru':

[Gambas:Video 20detik]

(haf/haf)