Pembunuh Pria yang Ditemukan Tewas Terikat dalam Karung di Aceh Ditangkap!

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 06:40 WIB
Penemuan mayat dalam karung di Aceh Timur (dok. Polisi)
Foto: Penemuan mayat dalam karung di Aceh Timur (dok. Polisi)
Banda Aceh -

Polisi menangkap pria berinisial ZW (25). Dia ditangkap karena diduga membunuh Ridhwan (53) yang mayatnya ditemukan dalam karung di sungai Aceh Timur, Aceh.

"Tersangka ZW kita tangkap di rumahnya di Aceh Tamiang hari Sabtu kemarin," kata Kasat Reskrim Polres Langsa, AKP Arief Sukmo Wibowo, kepada wartawan, Senin (26/7/2021).

Penangkapan ZW dilakukan setelah polisi melakukan penyelidikan dan olah TKP di rumah korban di Langsa, Aceh. ZW merupakan pekerja di tempat Ridhwan.

Menurut Arief, ZW membunuh korban seorang diri dan sudah merencanakan perbuatannya. Setelah korban tewas, ZW mengajak seorang temannya berinisial DN (DPO) untuk membuang mayat Ridhwan ke sungai di Aceh Timur.

Mayat korban ditemukan dalam karung dengan kondisi leher, tangan, kaki terikat. Selain itu, pelaku ZW juga mengikat pemberat dari besi pada karung tersebut.

"Motif pelaku membunuh korban karena sakit hati. Korban ada memukul dan memaki tersangka dengan kata-kata kasar," jelas Arief.

Usai membunuh korban, ZW disebut mengambil sejumlah barang milik korban. Barang yang curi antara lain, motor, becak motor, HP hingga buku tabungan.

"Tersangka mengambil barang-barang berharga milik korban untuk mencari keuntungan dari hasil penjualan barang-barang milik korban tersebut," ujarnya.

ZW kini diamankan di Polres Langsa untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Polisi menjerat ZW dengan pasal 340 Jo Pasal 338 Subs Pasal 365 Ayat 3 KUHP.

"Kita berharap terduga pelaku DN segera menyerahkan diri kepada pihak Kepolisian apabila mau bersikap kooperatif," ujarnya.

Sebelumnya, mayat pria ditemukan dalam sebuah karung di bawah jembatan di Aceh Timur, Aceh. Mayat itu diketahui terikat serta di karung terdapat pemberat.

"Hasil autopsi diketahui jenazah Mr X kondisinya membusuk dan dalam keadaan terikat tali di bagian leher, tangan serta kaki," kata Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro kepada wartawan, Rabu (21/7).

Karung berisi mayat tersebut ditemukan di jembatan Desa Jeungki, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur, Selasa (20/7) sekitar pukul 11.00 WIB. Kabar penemuan mayat heboh sehingga warga berdatangan ke lokasi.

Polisi menduga, korban dibunuh terlebih dulu lalu diikat baru dimasukkan ke dalam karung. Pelaku juga mengikat pemberat supaya karung agar tenggelam dan menghilangkan jejak.

"Perkiraan waktu kematian lebih dari satu minggu," jelas Eko.

Setelah dilakukan penyelidikan, mayat itu diketahui bernama Ridhwan asal Langsa. Kasus itu kemudian ditangani Satreskrim Polres Langsa.

Lihat juga video 'Kronologi Pria di Makassar Tewas Dikeroyok Keluarganya Sendiri':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/haf)