Identitas Mayat Pria Terikat dalam Karung di Aceh Timur Terungkap

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 16:44 WIB
Penemuan mayat dalam karung di Aceh Timur (dok. Polisi)
Penemuan mayat dalam karung di Aceh Timur (dok. Polisi)
Aceh Timur -

Identitas mayat yang ditemukan dalam karung dengan kondisi leher hingga kaki terikat terungkap. Korban adalah Ridhwan (53), yang berprofesi sebagai pembeli barang bekas.

"Jenazah yang ditemukan itu teridentifikasi sebagai warga Kota Langsa. Identitas korban kita ketahui setelah ada masyarakat yang melapor ciri-ciri jenazah tersebut sama seperti Ridhwan," kata Wakapolres Aceh Timur, Kompol Chairul Ikhsan, kepada wartawan, Jumat (23/7/2021).

Polisi kemudian mendatangi rumah Ridhwan di Langsa. Di sana, polisi mendapat informasi korban sudah beberapa hari tidak terlihat.

Polisi kemudian menggeledah rumah korban didampingi masyarakat setempat. Di dalam rumah, polisi menemukan bercak darah di lantai hingga tempat tidur.

Selain itu, pintu samping rumah korban tidak terkunci. CCTV di rumah korban juga mati dan server hingga hard disk CCTV hilang. Menurut Chairul, dompet serta motor korban juga menghilang.

"Di dalam rumah ditemukan satu buah tali nilon putih, identik dengan tali yang digunakan untuk mengikat tubuh Ridhwan," ujar Chairul.

Polisi masih menyelidiki dugaan pembunuhan terkait penemuan mayat Ridhwan. Kasus itu bakal ditangani Satreskrim Polres Langsa.

"Namun demikian, kami dari Polres Aceh Timur tetap akan membantu penyelidikan agar pelaku terungkap," jelasnya.

Sebelumnya, mayat pria ditemukan dalam sebuah karung di bawah jembatan di Aceh Timur, Aceh. Mayat itu diketahui terikat serta di karung terdapat pemberat.

"Hasil autopsi diketahui jenazah Mr X kondisinya membusuk dan dalam keadaan terikat tali di bagian leher, tangan serta kaki," kata Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro kepada wartawan, Rabu (21/7).

Karung berisi mayat tersebut ditemukan di jembatan Desa Jeungki, Kecamatan Peureulak Timur, Aceh Timur, Selasa (20/7) sekitar pukul 11.00 WIB. Kabar penemuan mayat heboh sehingga warga berdatangan ke lokasi.

Polisi menduga korban dibunuh terlebih dulu lalu diikat baru dimasukkan ke karung. Pelaku juga mengikat pemberat supaya karung agar tenggelam dan menghilangkan jejak.

"Perkiraan waktu kematian lebih dari satu minggu," jelas Eko.

Simak video 'Polisi Ungkap Ciri Mayat Wanita Terbungkus Plastik di Bogor: Muda-Bertato':

[Gambas:Video 20detik]



(agse/haf)