Makassar Terapkan PPKM Level 4, Walkot Siapkan Surat Edaran

Ibnu Munsir - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 00:46 WIB
Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Hermawan/detikcom).
Foto: Wali Kota Makassar Danny Pomanto (Hermawan/detikcom).
Makassar -

Wali Kota Makassar Ramdhan 'Danny' Pomanto memastikan wilayahnya akan menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 seperti Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Tito Karnavian. Surat Edaran disiapkan setelah Inmendagri diterima Pemkot.

"Kita tunggu dulu dari pusat (Inmendagri soal Makassar PPKM level 4), baru kita sampaikan (surat edaran)," kata Danny di Makassar, Minggu (26/7/2021).

Danny mengungkapkan, masuknya Makassar sebagai wilayah yang wajib menerapkan PPKM level 4 karena tingginya kasus COVID di Makassar. Dia meminta warga untuk bersabar dan mematuhi protokol kesehatan.

"Insyaallah kalau kita sabar, itu menurun (angka COVID)," kata Danny.

Danny mengaku masih akan mempelajari aturan dalam PPKM level 4 yang tertuang dalam Inmendagri, setelah itu pihaknya baru akan mengeluarkan surat edaran resmi

Danny menyebut pihaknya pasti akan memberlakukan PPKM Level 4 di Makassar. PPKM Level 4 sendiri disebut sama dengan PPKM Mikro yang tak jauh berbeda.

"Ini kan PPKM Mikro berakhir besok, nah besok 26 - 8 agustus akan berlalu, begitu hasil rapat kemarin, harus kami terapkan (PPKM Level 4). Level empat itu sama dengan darurat, namanya sekarang beda," jelasnya.

Meski begitu, Danny berharap PPKM Level 4 tak jauh berbeda dengan PPKM Mikro yang tetap memperbolehkan aktivitas ekonomi tetap berjalan. Sementara aktifitas pernikahan Danny belum memutuskan aturannya, lantaran masih menunggu SE Inmendagri.

"Saya juga tidak mau mendahului itu (Inmendagri), sebelum saya lihat papernya (Inmendagri)," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar, Ahmad Namsum menegaskan pihaknya belum mengeluarkan Surat Edaran Wali Kota Makassar. Pihaknya masih menunggu SE Inmendagri terkait kelanjutan PPKM di Makassar.

"Belum ada SE Wali Kota terkait pemberlakuan PPKM Level 4. Saya menunggu keluar Surat Edaran Inmendagri," kata Ahmad dikonfirmasi via telefonya.

Dia menyebut pihaknya segera membuat edaran Wali Kota Makassar terkait perpanjangan dan teknis PPKM Level 4 jika sudah mendapat rujukan dari Mendagri.

"Kalau ini malam ada, saya segera buat surat edaran Wali Kota, besok saya perhadapkan langsung," terangnya.

(nvl/fas)