Round-Up

Buaya Muncul di Permukiman Gegerkan Warga Tambora Jakarta

Tim Detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 22:38 WIB
A French tourist who was bitten by a crocodile while trying to take a selfie in Khao Yai national park in Thailand is expected to recover (AFP Photo/WILLIAM WEST)
Ilustrasi Buaya. (Foto: AFP Photo/WILLIAM WEST)
Jakarta -

Pemukiman warga di Tambora, Jakarta Barat dihebohkan dengan kemunculan seekor buaya yang muncul di selokan salah satu rumah. Buaya itu akhirnya ditangkap hingga berujung dirawat sementara di Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tegal Alur, Jakarta Barat.

Awalnya kemunculan buaya itu dilaporkan warga. Kemudian pada Sabtu (24/7) petang, buaya sepanjang 175 cm dan seberat 40 kilogram tersebut ditangkap warga.

"Jadi warga melaporkan ada buaya di selokan depan rumah salah satu warga," kata Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat Eko Sumarno saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Minggu (25/7).

Buaya tersebut tepatnya ditemukan di salah satu selokan di Jalan Duri Selatan, Gang Gerindo V, RT 06 RW 06, Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat. Warga selanjutnya memutuskan menghubungi pihak Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Barat pada pukul 18.10 WIB.

Namun, saat petugas tiba di lokasi, buaya berdiameter 30 sentimeter itu ternyata sudah ditangkap oleh warga sekitar. Buaya tersebut diikat dengan menggunakan kawat besi dan balok kayu.

Eko mengatakan warga sekitar tidak mengetahui secara pasti asal-usul dari reptil tersebut.

Selanjutnya, petugas mengevakuasi buaya tersebut dengan menambah ikatan dan dibawa ke kantor Sektor Tambora. Rencananya buaya tersebut akan diberikan kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta.

Bagaimana nasib buaya tersebut? Selengkapnya di halaman berikutnya.