Nasib Buaya yang Ditangkap di Selokan Depan Rumah Warga Tambora Jakbar

Rakha Arlyanto Darmawan - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 19:48 WIB
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran Dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat mengevakuasi buaya sepanjang 175 sentimeter dengan bobot 40 kilogram di Jalan Duri Selatan Gang Gerindo V RT06/06, Duri Selatan, Kecamatan Tambora, Sabtu (24/7/2021) petang. (ANTARA/HO-Sudin Gulkarmat Jakarta Barat)
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat mengevakuasi buaya. (ANTARA/HO-Sudin Gulkarmat Jakarta Barat)
Jakarta -

Seekor buaya ditangkap oleh warga Tambora, Jakarta Barat, pada Sabtu (24/7/2021) lalu. Buaya tersebut kini dirawat sementara oleh pihak Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) DKI Jakarta di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Tegal Alur, Jakarta Barat.

"Iya, di Pusat Penyelamatan Satwa di Tegal Alur," ujar Banjar Agung Kepala seksi Konservasi Wilayah II BKSDA DKI Jakarta saat dihubungi detikcom, Minggu (25/7).

Buaya tersebut akan dirawat sementara di PPS Tegal Alur. Nantinya, buaya itu akan dilepas kembali ke alam liar.

"Nanti kita rehat, terus nanti kita lepas liarkan di alam, Mas," kata Banjar.

Namun Banjar tidak menjelaskan secara rinci berapa lama waktu buaya tersebut akan dirawat di PPS Tegal Alur. Pihaknya akan berkoordinasi dengan taman nasional BKSDA daerah lain untuk menentukan tempat yang cocok untuk buaya tersebut.

"Berapa lamanya tergantung satwanya, biasanya kalau reptil itu cepat. Kita koordinasi dengan Taman Nasional BKSDA lainnya seluruh Indonesia," tutur Banjar.

Lebih lanjut, Banjar mengatakan, nantinya buaya tersebut akan dilepas liar ke area yang jauh dari manusia. Hal itu bertujuan menghindari adanya konflik, di mana seperti diketahui buaya adalah reptil yang sensitif.

"Karena buaya kan sensitif, rawan konflik dengan masyarakat. Kita usahakan jauh dari masyarakat untuk lepas liarnya," ucap Banjar.

"Yang penting kita bisa dapat lokasi untuk lepas lihat yang aman dari konflik dengan manusia baru kita lepas liar," imbuh Banjar.

Seperti diketahui, seekor buaya muncul di selokan sekitar rumah warga di Tambora, Jakarta Barat. Warga pun menangkap buaya sepanjang 175 sentimeter dengan berat 40 kilogram tersebut pada Sabtu (24/7/2021) petang.

"Jadi warga melaporkan ada buaya di selokan depan rumah salah satu warga," kata Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Barat Eko Sumarno saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Minggu (25/7).

Buaya tersebut tepatnya ditemukan di salah satu selokan di Jalan Duri Selatan, Gang Gerindo V, RT 06 RW 06, Duri Selatan, Tambora, Jakarta Barat. Warga selanjutnya memutuskan menghubungi pihak Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Barat pada pukul 18.10 WIB.

(rdp/rdp)