Jokowi: Waspada Kemungkinan Varian COVID-19 Lain yang Lebih Menular

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 19:38 WIB
Presiden Jokowi  sampaikan perpanjangan PPKM darurat hingga 25 Juli
Foto: Presiden Jokowi (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan PPKM level 4 diperpanjang hingga tanggal 2 Agustus 2021 mendatang. Jokowi meminta masyarakat selalu waspada terhadap segala kemungkinan varian baru Covid-19 yang bisa lebih menular.

"Kita harus selalu waspada, ada kemungkinan dunia akan menghadapi varian lain yang lebih menular," kata Jokowi dalam konferensi pers disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/7/2021).

Jokowi memerintahkan para menteri dan pejabat terkait untuk meningkatkan testing dan tracing. Dia menyebut testing dan tracing juga harus direspons dengan treatment yang cepat agar laju penularan Covid-19 dapat ditekan dan angka kesembuhan juga meningkat.

"Penerapan protokol kesehatan yang ketat serta peningkatan testing, tracing, dan treatment akan menjadi pilar utama penanganan Covid-19 ke depannya," ucap Jokowi.

Dia meminta agar masyarakat harus selalu memakai masker dan menjaga jarak. Jokowi ingin seluruh komponen bangsa bersatu melawan pandemi Covid-19 di Tanah Air,

"Dengan usaha keras kita bersama, Insyaallah kita segera bisa terbebas dari Covid-19, dan kegiatan sosial ekonomi masyarakat bisa kembali normal," pungkasnya.

(fas/knv)