PPP Dorong BIN Ungkap Kelompok Tak Murni Penginisiasi 'Jokowi End Game'

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 18:43 WIB
Anggota DPR dari Fraksi PDIP dan PPP menjadi pembicara dalam Diskusi Dialektika Demokrasi. Diskusi itu membahas perihal TKI yang dihukum mati tanpa notifikasi.
Foto: Syaifullah Tamliha (Lamhot Aritonang/detikcom)

Seperti diketahui, Menko Polhukam Mahfud Md telah memberi tanggapan terkait kabar aksi bertajuk Jokowi End Game. Mahfud menyoroti salah satu kelompok yang dia beri nama sebagai kelompok 'tak murni'.

"Ada kelompok murni dan ada kelompok tidak murni, yang masalahnya itu hanya ingin menentang saja, memanfaatkan situasi," kata Mahfud Md dalam konferensi pers terkait situasi politik dan keamanan, disiarkan kanal YouTube Kemenko Polhukam RI, Sabtu (24/7).

Sementara BIN tak memungkiri ada kelompok-kelompok yang sengaja memprovokasi rakyat untuk berdemo di tengah situasi pandemi saat ini. Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto memastikan pihaknya terus mendeteksi keberadaan kelompok tersebut.

"BIN terus mendeteksi dan berkoordinasi melalui forum Kominda maupun Forkominda terkait dinamika penanganan COVID-19, termasuk mengantisipasi adanya kelompok kepentingan yang memprovokasi rakyat. Masyarakat diimbau untuk tidak berdemonstrasi di masa pandemi karena rentan digunakan provokator untuk memperkeruh situasi, membangun ketidakpercayaan kepada Pemerintah, bahkan menuntut Presiden Jokowi untuk mundur," papar Wawan saat dihubungi, Minggu (25/7).


(zak/gbr)