Anies: IGD di RS Rujukan COVID Mulai Banyak Ruang Kosong

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 25 Jul 2021 14:30 WIB
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaporkan kondisi terkini keterisian tempat tidur di IGD RS Rujukan COVID-19. Anies menyebut IGD di beberapa rumah sakit saat ini mulai banyak ruangan kosong.

"Tadi barusan kami lihat sama-sama, IGD-IGD sekarang ruangnya banyak kosong, sudah mulai ada ruang kosong di IGD-IGD kita," kata Anies di Acara Vaksinasi Kadin Indonesia Bersama TNI Polri yang disiarkan langsung di kanal YouTube Kadin Indonesia, Minggu (25/7/2021).

Anies menerangkan, data tersebut dihimpun dari laporan beberapa rumah sakit-rumah sakit di Jakarta. Anies menyebut keterisian ruangan IGD tidak lagi penuh.

"Jadi bila melihat laporan dari rumah sakit jumlah keterisian IGD sudah mulai tidak lagi full," tuturnya.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ada perbaikan di sejumlah daerah selama masa PPKM darurat. Namun dia mengingatkan agar semua bersabar dalam melihat potensi perbaikan ini.

"Pemerintah sudah melihat potensi daerah yang mengalami beberapa perbaikan. Dan para gubernur dan bupati yang bersangkutan sudah paham mengenai itu karena sudah saya beritahukan kemarin pencapaian-pencapaian mereka yang cukup menggembirakan," kata Luhut dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Kementerian Perekonomian, Rabu (21/7).

"Namun kita juga mau hati-hati sehingga nanti yang sudah baru mulai baik ini jangan jadi memburuk. Jadi mohon kesabaran kita semua. Karena kita sedang berperang terhadap satu delta varian yang betul-betul sangat ganas ini," sambung Luhut.

Dia mengatakan bahwa pemerintah melihat sejumlah perbaikan dari data-data yang disampaikan oleh para gubernur. Salah satunya, perbaikan angka bed occupancy ratio (BOR) di DKI Jakarta yang membaik.

"Kita lihat data-data yang dilaporkan para gubernur, dan kita lihat ada yang menunjukkan perbaikan. Misalnya BOR banyak yang sudah mulai turun. Dan seperti DKI sekarang banyak yang sudah menunjukkan perbaikan," ungkapnya.

(whn/idn)