Wagub Klaim Angka Tes PCR Sepekan di DKI 20 Kali Lipat Standar WHO

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 22:05 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Foto: Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim jumlah tes PCR di wilayahnya dalam sepekan sudah mencapai 20 kali lipat dari standar World Health Organization (WHO). Dia juga menyampaikan ada penurunan angka kasus COVID-19.

"Data COVID menurun 8.033 jadi ada penurunan dari hari hari sebelumnya dan PCR kita sepekan juga mencapai 200.526, itu artinya 20 kali dari standar yang diminta WHO," kata Riza usai mengunjungi RS Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (24/7/2021).

Riza menuturkan total sampai dengan saat ini, jumlah tes PCR di Jakarta sudah mencapai lima juta lebih. Sementara spesimen yang telah diperiksa mencapai enam juta lebih.

"Dan tingkat kematian di angka 1,4 persen, angka kesembuhan di 88,4 persen. Total tes PCR yg sudah dilaksanakan mencapai 5.085.446 sementara tes PCR spesimennya sudah mencapai 6.604.683," tuturnya.

Dia mengatakan ada penurunan bor sebesar tujuh persen. Dia mengatakan jumlah tes PCR DKI Jakarta terhadap tes PCR nasional mencapai 30,6 pesen.

"Dan kontribusi pemprov DKI Jakarta terhadap tes PCR nasional sudah mencapai 30,6 persen dan secara umum memang ini ada perbaikan tempat tidur, sudah turun menjadi 77 persen yang terpakai, dan ruang ICU juga turun yg sebelumnya mencapai 95 persen sudah turun jadi 88 persen," ucapnya.

Lebih lanjut Riza mengatakan hingga saat ini DKI Jakarta masih membutuhkan tambahan relawan tenaga kesehatan (nakes) untuk membantu menangani COVID-19. Dia berharap Pemerintah Pusat secepatnya dapat membantu penyaluran relawan nakes.

Dan untuk COVID kita juga membutuhkan relawan, pemerintah pusat juga menjanjikan akan disiapkan kurang lebih 1.000 mudah-mudahan bisa dalam waktu cepat," ujarnya.

"Karena di seluruh Jakarta hambatan dan tantangan yang kita hadapi itu tenaga kesehatan. Untuk itu, kami minta para relawan yang memiliki kompetensi keahlian saudara-saudara itu segera mendaftarkan, saudara-saudara kita sangat membutuhkan anda semua untuk bisa bergabung membantu bersama," imbuhnya.

(maa/maa)