Round-Up

Misteri Perusak Patung Ikon di Sulbar Bikin Gempar

Abdy Febriady - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 20:43 WIB
Patung di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihancurkan pria bermartil. (Abdy Febriady/detikcom)
Patung di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihancurkan pria bermartil. (Abdy Febriady/detikcom)
Polewali -

Video viral beredar menunjukkan seorang pria bermartil menghancurkan patung di salah satu sudut Polewali Mandar. Misteri belum terungkap, kenapa pria itu menghancurkan patung?

Dalam salah satu potongan video pendek yang beredar di media sosial, tampak pria bermartil memukul-mukul Patung Tani yang tinggi menjulang. Peristiwa ini ternyata berlokasi di Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Patung yang dihancurkan adalah ikon kecamatan.

detikcom mencari tahu informasi yang sebenarnya dengan bertanya kepada aparat desa, yakni Sekretaris Camat Wonomulyo bernama Samiaji. Aksi penghancuran patung terjadi pada Jumat (23/7) sore.

Pria yang menghancurkan patung itu berusia 25 tahun. Aksi penghancuran patung itu dihentikan setelah Camat Wonomulyo Asrul Ambas. Ia menegur Mahmud Khalid.

Samiaji mengatakan, sebelum menghancurkan patung, pelaku menyampaikan kepada warga sekitar bahwa patung akan direnovasi, sehingga harus dibongkar atas instruksi Camat Wonomulyo.

"Itu yang disampaikan teman-teman yang lain sewaktu pelaku ingin menghancurkan itu patung katanya atas perintah Pak Camat. Ternyata Pak Camat tidak pernah memerintahkan hal-hal seperti itu," kata Samiaji saat dimintai konfirmasi wartawan di kantornya, Sabtu (24/7/2021) siang.

Ternyata bukan hanya Patung Tani yang dirusak sampai roboh. Ada pula Patung Pancasila di halaman Kantor Camat yang dihancurkan pria itu. Menurut masyarakat setempat, Patung Tani dibangun pada 2015, sementara Patung Pancasila diperkirakan dibangun pada 1960.

Patung di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihancurkan pria bermartil. (Abdy Febriady/detikcom)Patung di Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dihancurkan pria bermartil. (Abdy Febriady/detikcom)

Selanjutnya, pelaku diduga gangguan jiwa: