Terpapar Corona, Seorang WNI Koki Kapal Jepang Meninggal Dunia di Panama

ADVERTISEMENT

Terpapar Corona, Seorang WNI Koki Kapal Jepang Meninggal Dunia di Panama

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 10:52 WIB
closeup of a caucasian doctor man holding a world globe with a protective mask with the word coronavirus written in it
Foto ilustrasi (iStock)

Sukmo mengatakan seluruh ABK yang berada dalam kapal tersebut juga dilakukan tes PCR. Hasilnya seluruh ABK yang dites negatif COVID-19, termasuk ABK WNI lain yang berjumlah tujuh orang dalam kapal tersebut.

"Setelah semua dites PCR, ABK lain dinyatakan negatif COVID-19 (tujuh ABK Indonesia lainnya yang ada dalam satu kapal)," ucapnya.

Lebih lanjut Sukmo mengatakan pihaknya sedang berupaya memenuhi hak-hak Eman. Koordinasi dengan pemerintah Panama hingga agen rekrutmen ABK terus dilakukan terkait proses pengurusan jenazah.

"KBRI Panama melakukan upaya pemenuhan hak-hak almarhum Eman Suparman, yang meninggal pada usia 58 tahun, yang bertugas sebagai koki kapal. Dalam hal ada WNA yang meninggal karena COVID, pihak otoritas Panama biasanya akan mengkremasi jenazah. Namun KBRI Panama melalui Reinhard Sinaga, diplomat Fungsi Protkon dan Perlindungan WNI, mencoba melakukan pembicaraan untuk mencari opsi lain dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat RI, Pemerintahan Panama, dan agen rekrutmen di Indonesia serta pihak keluarga satu WNI ABK," imbuhnya.


(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT