Round-Up

Sanksi Tutup Toko Akibat Herlin Kenza Picu Kerumunan Saat Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 24 Jul 2021 05:06 WIB
Herlin Kenza
Herlin Kenza (Foto: dok. Instagram/@herlinkenza)
Aceh -

Toko yang mengundang selebgram Herlin Kenza diberi sanksi karena memicu kerumunan. Toko itu kini ditutup sementara oleh Pemerintah Kota Lhokseumawe, Aceh.

"Sanksi yang telah diberikan, telah disurati pemilik toko untuk menutup kegiatan usaha," kata Kabag Humas Pemko Lhokseumawe Marzuki saat dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (23/7/2021).

Penutupan toko grosir tersebut terhitung mulai kemarin sampai waktu yang belum ditentukan. Sanksi diberikan karena toko itu dinilai melanggar protokol kesehatan pencegahan virus Corona.

"Di Lhokseumawe masih ada PPKM," jelas Marzuki.

Kasus kerumunan ini terus berlanjut hingga saat ini. Polisi masih melakukan penyelidikan.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy mengatakan polisi telah memeriksa sembilan saksi, terdiri atas pemilik toko, ahli Satgas Penanganan COVID-19, hingga Herlin Kenza. Polisi bakal melakukan gelar perkara untuk penetapan tersangka.

"Kita akan gelar perkara dulu untuk menetapkan tersangkanya. Segera jika konstruksi hukumnya sudah kuat dan alat bukti sudah mencukupi," kata Winardy.

Menurut Winardy, penyidik Polres Lhokseumawe juga telah memeriksa Herlin, Kamis (22/7) kemarin. Pemeriksaan Herlin dilakukan sejak pukul 11.00 hingga 18.30 WIB.

"Yang bersangkutan telah hadir untuk diperiksa," tuturnya.

Herlin Kenza telah buka suara terkait kasus ini, simak di halaman berikut

Tonton juga Video: Polisi Periksa Panitia Kerumunan Hajatan di Tasikmalaya

[Gambas:Video 20detik]