Mahasiswa Demo Tolak PPKM Tutup Busway di Pasar Rebo, Langsung Dibubarkan

Yogi Ernes - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 19:12 WIB
Polisi
Ilustrasi pengamanan polisi. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta -

Puluhan mahasiswa menggelar demo di bawah flyover Pasar Rebo, Jakarta Timur, siang tadi. Kelompok mahasiswa tersebut berdemo dengan tuntutan menolak kebijakan PPKM.

"Jadi itu mahasiswa Unindra. Mereka nuntut penolakan PPKM," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Timur Kompol Indra Tarigan saat dihubungi detikcom, Jumat (23/7/2021).

Demo itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB. Para peserta unjuk rasa bersikeras melakukan aksinya di tengah jalan raya sehingga menutupi jalan dan busway.

Menurut Indra, aksi massa juga tidak mengantongi izin kepolisian. Pihaknya tidak pernah mendapatkan surat pemberitahuan dari perwakilan mahasiswa perihal demonstrasi siang tadi.

"Kan sekarang lagi pandemi jadi nggak boleh ada kerumunan. Mereka demo di tengah jalan kan mengganggu kepentingan umum dia bikin macet," ujar Indra.

Dihubungi terpisah, Kapolsek Pasar Rebo Kompol Martson Marbun menambahkan aksi demo itu tidak berlangsung lama dan langsung dibubarkan.

"Jam 14.00 WIB (mulai demo). Tidak lama hanya 5-10 menit (demo berlangsung)," katanya.

Lebih lanjut Martson mengatakan tidak ada peserta aksi yang diamankan polisi. Para mahasiswa membubarkan diri dan situasi di lokasi kondusif.

"Nggak ada yang diamankan. Kita sepakat mereka kalau nggak silakan bubar," pungkas Martson.

Lihat juga video 'Beredar Seruan Demo Jokowi di DKI, Polda Metro Ingatkan RS-Kuburan Penuh':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/mea)