Edaran Walkot Depok: ASN Diminta Belanja ke UMKM untuk Donasi Pasien Isoman

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 12:39 WIB
Wali Kota Depok M Idris Abdul Somad menjelaskan tentang penanganan COVID-19 di Kota Depok
Foto: Wali Kota Depok M Idris Abdul Somad (screenshot video)
Depok -

Wali Kota Depok M Idris Abdul Somad mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok untuk berdonasi dengan cara membeli produk-produk lokal Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Imbauan ini ia sampaikan dalam bentuk dukungan nyata untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Imbauan Idris ini dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor : 510/378-DKUM tentang Belanja Produk UMKM Kota Depok yang diteken pada Rabu 21 Juli 2021.

"Dalam rangka dukungan nyata untuk UMKM dan warga selama pandemi COVID-19, kepada perangkat daerah, camat dan lurah se-Kota Depok diminta untuk mengajak ASN di unit kerjanya masing-masing untuk menyisihkan penghasilannya berdonasi dengan berbelanja produk UMKM Kota Depok," demikian isi surat edaran tersebut, seperti dilihat detikcom, Jumat (23/7/2021).

Surat Edaran Wali Kota Depok soal ASN beli produk UMKMFoto: Surat Edaran Wali Kota Depok soal ASN beli produk UMKM (Dok.Pemkot Depok)

Produk UMKM dapat diperoleh di UMKM binaan Perangkat Daerah, Komunitas UMKM Kecamatan, dan Koperasi Depok. Selanjutnya, produk UMKM yang dibeli tersebut didistribusikan kepada masyarakat atau aparatur yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Para ASN juga diminta mengunggah donasinya itu di media sosial dan melaporkan kegiatannya kepada Wali Kota.

"Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh masing-masing PD, di-upload di media sosial dengan tag #ASN Depok Peduli dan #Beli Produk UMKM Depok. Kemudian, dilaporkan kepada Wali Kota," tuturnya.

(mea/fjp)