Nasib Apes Servis HP Imbas PPKM Medan, Buka di Jalanan-Kena Pungli Preman

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 11:47 WIB
Screenshot video viral pungli ke teknisi HP di Medan (dok. Istimewa)
Screenshot video viral pungli ke teknisi HP di Medan (dok. Istimewa)
Medan -

Video dua pria diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadap teknisi HP di tengah PPKM level 4 di Medan viral. Polisi pun menangkap pelaku pungli tersebut.

Dilihat detikcom, Jumat (23/7/2021), dalam video berdurasi 47 detik itu, tampak dua orang pria meminta uang. Peristiwa itu diketahui terjadi di Jalan Kapten Muslim, Medan.

Pengunggah menyebut nasib apes para teknisi HP yang berada di depan Plaza Milenium, Medan, malah dipungli oleh sejumlah orang. Para teknisi HP ini menggelar lapak di pinggir jalan karena mal tutup selama PPKM darurat.

Dalam video, teknisi HP tersebut memberikan sejumlah uang kepada dua pria itu. Tetapi mereka tidak mau menerima hingga kembali memaksa untuk diberi uang lebih banyak lagi.

"Jangan kalian mempersulit," sebut salah satu pria yang minta uang itu.

"Siapa yang persulit? Abang datang kami ngasih," jawab teknisi HP.

"Segitu kau kasih? Bos kau aja ngasih. Telepon bos kau," ucap pria itu lagi.

Teknisi HP itu menyebut dirinya bukan sehari saja menggelar lapak di tempat itu. Dia menyebut, setiap mereka datang meminta uang, ia selalu memberinya.

Kanit Reskrim Polsek Helvetia Iptu Zuhatta Mahadi menyebut para pelaku telah ditangkap. Dia menyebut ada dua pelaku yang ditangkap.

"Pelaku sudah kami tangkap. Dua orang," ucap Zuhatta.

Zuhatta menuturkan keduanya sudah diamankan di Polsek Helvetia. Keduanya sedang menjalani pemeriksaan.

Untuk diketahui, sejumlah mal di Medan tutup selama PPKM darurat yang kini berganti nama menjadi PPKM level 4. Hal itu menyebabkan sejumlah tukang servis HP yang selama ini membuka kios di mal berpindah ke pinggir jalan.

Salah satunya terjadi di depan Plaza Milenium, Jalan Kapten Muslim, Medan. Terlihat para tukang servis HP serta juga para pedagang HP membuka lapak di pinggir jalan tersebut.

Dengan menggunakan mobil, mereka memanggil warga yang melewati jalan tersebut. Bagi yang jualan HP, mereka terlihat membagikan brosur ke pengendara sepeda motor.

(haf/haf)