Titik Penyekatan Lenteng Agung Padat Pagi Ini

Nur Aziza - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 09:05 WIB
Penyekatan di Lenteng Agung, Jaksel (23/7)
Penyekatan di Lenteng Agung, Jaksel, Jumat (23/7). (Aziza/detikcom)
Jakarta -

Lalu lintas di titik penyekatan Jalan Lenteng Agung, Jagakarsa, Jakarta Selatan, arah Pasar Minggu padat pagi ini. Penumpukan kendaraan ini terjadi karena adanya pemeriksaan surat tanda registrasi pekerja (STRP) oleh petugas.

Pantauan detikcom, Jumat (23/7/2021) pukul 08.10 WIB, pengendara yang hendak melintas ke arah Pasar Minggu mengantre untuk diperiksa. Penumpukan kendaraan dimulai dari titik penyekatan, tepatnya depan flyover tapal kuda hingga 100 meter ke belakang.

Pos penyekatan Lenteng Agung ini dibagi jadi dua lajur, yaitu jalur nakes dan non-nakes, yang dibagi dua lagi untuk kendaraan roda dua dan roda empat. Kendaraan menumpuk pada lajur non-nakes, sedangkan lajur nakes lengang.

Pengendara tampak tertib antre dan sudah menyiapkan STRP di tangannya meski belum giliran diperiksa. Kendaraan didominasi roda dua. Kendaraan roda empat juga terlihat mengantre pada jalurnya tetapi tidak sebanyak kendaraan roda dua.

Pos PPKM Lenteng Agung dijaga oleh lebih 10 aparat gabungan, TNI, Polri, dan Dishub DKI. Petugas menjaga di lajur nakes dan non-nakes. Petugas yang berjaga menanyakan pengendara hendak ke mana dan dari mana.

"Mau ke mana, Pak? Dari mana?" ujar petugas kepada salah satu pengendara.

Bagi yang memegang SRTP langsung diperbolehkan petugas melintas ke arah Pasar Minggu. Untuk yang tidak memiliki STRP, petugas mengarahkan pengendara belok ke kanan naik ke flyover tapal kuda untuk putar balik.

Petugas yang berjaga ditemui detikcom di lokasi menyebut pengendara yang hendak melintas rata-rata berangkat bekerja. Selain pengendara yang ingin berangkat ke kantor, sesekali ada pengendara yang ingin melakukan vaksinasi dan diperbolehkan petugas melintas.

Tak hanya itu, ada juga pengendara yang tidak memiliki STRP tetapi mengaku ingin pulang ke rumahnya dekat dari titik penyekatan. Petugas pun meminta KTP pengendara tersebut untuk memastikan alamat pengendara dan memperbolehkannya melintas.

Sebagaimana diketahui, dalam rangka PPKM darurat untuk mencegah penularan virus COVID-19, pemerintah melakukan penyekatan di 100 titik. Sebanyak 100 titik penyekatan tersebut tersebar di sejumlah ruas jalan. Lenteng Agung menjadi salah satu dari 100 titik tersebut.

Simak Video: 106 Kendaraan Diputar Balik di Pos Penyekatan Lenteng Agung

[Gambas:Video 20detik]



(zap/zap)