Round-Up

Taburan Suap Miliaran untuk Nurdin Abdullah Terungkap di Dakwaan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 08:31 WIB
Nurdin Abdullah
Gubernur nonaktif Sulsel Nurdin Abdullah (Farih/detikcom)
Jakarta -

Suap bernilai miliaran rupiah untuk Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) nonaktif Nurdin Abdullah terungkap dalam sidang dakwaan. Nurdin menerima miliaran rupiah uang tersebut dari sejumlah kontraktor, termasuk Agung Sucipto alias Anggu.

Jaksa penuntut umum (JPU) KPK mendakwa Nurdin Abdullah menerima suap total senilai Rp 13 miliar. Jaksa KPK Muhammad Asri mengatakan Nurdin Abdullah melakukan dua jenis tindak pidana, yakni suap dan gratifikasi.

Pertama, Nurdin Abdullah menerima suap SGD 150 ribu dan Rp 2,5 miliar. Kedua, Nurdin juga didakwa menerima uang gratifikasi Rp 6,5 miliar dan SGD 200 ribu dari sejumlah kontraktor.

"Mengenai dakwaan kepada Saudara Nurdin Abdullah, kami memasang atau menerapkan pasal dengan dakwaan kumulatif, yang artinya bukan hanya satu perbuatan, tetapi ada dua secara kumulasi. Dakwaan pertama suap yang berkaitan dengan OTT itu SGD 150 ribu plus Rp 2,5 miliar hasil OTT," ujar jaksa Asri Irwan kepada wartawan sesuai sidang di Pengadilan Tipikor Negeri Makassar, Kamis (22/7/2021).

"Dakwaan kedua atau kumulatif, Nurdin Abdullah sebagai penyelenggara negara menerima gratifikasi kurang-lebih Rp 6 miliar plus SGD 200 ribu. Jadi, kalau ditotal mulai dari penerimaan suap dan gratifikasi, kurang-lebih Rp 13 miliar," sambung Asri.

Jaksa Asri memerinci uang SGD 150 ribu diberikan langsung oleh kontraktor Agung Sucipto alias Anggu kepada Nurdin Abdullah di rumah jabatan (rujab) Gubernur Sulsel. Nilai uang SGD 150 ribu itu sama dengan Rp 1.590.000.000 (kurs Rp 10.644).

Kemudian ada juga uang Rp 2,5 miliar yang diberikan oleh Anggu kepada Nurdin melalui perantara Sekdis PUTR Sulsel Edy Rahmat hingga terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada 26 Februari 2021.

Bagaimana rincian asal-usul uang ini? Silakan klik halaman selanjutnya.

Tonton Video: Terkait Uang Sitaan Rp 3,5 M, Nurdin Abdullah: Itu Bantuan Masjid

[Gambas:Video 20detik]