Usul PSI Percepat Herd Immunity: Beri Rp 150 Ribu ke Warga DKI Mau Divaksin

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 23:14 WIB
Choosing the Social Distancing vs Herd Immunity measures in pandemic situation. Concept about the Coronavirus Covid-19 outbreak.
Ilustrasi Herd Immunity (Getty Images/iStockphoto/IvelinRadkov)
Jakarta -

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengusulkan agar Pemprov DKI Jakarta memberikan insentif sebesar Rp 150 ribu kepada warga yang bersedia divaksinasi COVID-19. Usul tersebut diminta untuk ditambahkan ke revisi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2020 tentang penanggulangan COVID-19.

"Pemberian insentif tunai bagi masyarakat yang divaksin dengan nilai minimal Rp 150 ribu atau lebih untuk mempercepat tercapainya herd immunity," kata anggota Fraksi PSI Anthony Winza dalam rapat Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI Jakarta, Kamis (22/7/2021).

Anthony menilai pendekatan mengubah perilaku masyarakat tidak bisa hanya dengan pemberian efek jera semata. Menurutnya, sudah seharusnya pendekatan dilakukan dengan mencari win-win solution melalui pemberian insentif. Selain uang tunai, Anthony mengatakan Pemprov DKI dapat memberikan potongan pajak atau retribusi daerah terhadap perusahaan.

"Pemberian potongan pajak atau retribusi daerah bagi perusahaan yang dapat memastikan 85% karyawannya divaksin dengan dosis lengkap," ujarnya.

Terakhir, PSI menyarankan agar tempat-tempat atau fasilitas umum hanya boleh didatangi masyarakat yang telah divaksin COVID-19. Kecuali masyarakat tertentu yang memang tak diperkenankan menerima vaksin berdasarkan anjuran dokter.

"Untuk tempat-tempat dan fasilitas umum yang memiliki resiko tinggi penularan hanya dapat diakses oleh masyarakat yang telah divaksin seperti transportasi publik MRT/LRT/TJ maupun fasilitas umum yang beresiko tinggi lainnya," imbuhnya.

Merujuk data dari Pemprov DKI Jakarta, per Kamis (22/7/2021) ini vaksinasi dosis pertama telah mencapai 6.753.288 orang atau 76,6 persen. Sedangkan, total dosis 2 saat ini sebanyak 2.067.633 orang atau 23,5 persen,

Presiden Joko Widodo menargetkan pada akhir Agustus mendatang 7,5 juta orang divaksin COVID-19 di Jakarta. Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menetapkan target total 8,8 juta penduduk Jakarta divaksinasi. demi menciptakan kekebalan komunitas.

Simak juga Video: Panglima TNI Targetkan 70% Warga DKI Sudah Divaksin Sebelum 17 Agustus

[Gambas:Video 20detik]



(zak/zak)