Kapal Isoman Pasien COVID Makassar Gelar Simulasi Evakuasi Keadaan Darurat

Ibnu Munsir - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 19:59 WIB
Kapal Isoman Pasien COVID Makassar Gelar Simulasi Evakuasi Keadaan Darurat
Momen kapal isoman pasien COVID Makassar menggelar simulasi evakuasi keadaan darurat. (Dok. Istimewa)
Makassar -

Pemerintah Kota Makassar mulai merampungkan kesiapan kapal PT Pelni yang akan dijadikan sebagai lokasi isolasi apung untuk para pasien Corona. Kesiapan kapal ini sudah mencapai 80 persen.

"Kalau presentasinya sudah 80 persen. Sebenarnya kita sudah siap dan ini hal teknis saja, iya penampungannya, karena sebenarnya ini kan kapal siap untuk menerima penumpang (pasien), jadi kita tinggal bagaimana menambah kapal ini, baik, siap, kami dari Pemerintah Kota tinggal menambah misalnya ada sekat, menyangkut protokol, jadi kita harus berikan sekat-sekat," kata Sekda Kota Makassar, M Ansar, saat ditemui seusai simulasi kebakaran di kapal Pelni, Kamis (22/7/2021) sore.

Kapal jenis Umsini milik PT Pelni juga telah melakukan simulasi jika terjadi kebakaran dan kondisi darurat. Evakuasi dan penyelamatan para korban sesuai dengan protap segera dilakukan.

"Tadi secara detail seluruh aktivitasnya, sampai kepada bagaimana mengevakuasi korban, ini luar biasa, seluruh stakeholder yang ada di bawah kendali Syahbandar, dari Badan Sar Nasional juga bantuan juga tadi, kapal penyemprot dari Pelni, jadi kita semua bergerak untuk melakukan, jika terjadi sesuatu hal kebakaran," jelasnya.

Kapal Isoman Pasien COVID Makassar Gelar Simulasi Evakuasi Keadaan DaruratKapal Isoman Pasien COVID Makassar Gelar Simulasi Evakuasi Keadaan Darurat (Dok. Istimewa)

"Kita harus siap, harus siap mengantisipasi bila ada hal terjadi, kalau, tapi kita jangan, tapi ya mudah-mudahan tidak terjadi. Saya kebetulan tadi di anjungan depan sekali, di ruangan kapten, di situ kita bisa melihat di depan samping kiri kanan sampai ke belakang dan sudah siap standarnya mereka sudah ada," tambahnya.

Nantinya kapal ini akan berada di tengah laut antara Pulau Laelae dan Pelabuhan Makassar. Pemkot Makassar juga akan menyiapkan fasilitas penunjang lainnya bagi para pasien COVID-19, di antaranya kamar, layar TV, hingga aktivitas olahraga dan memancing guna menaikkan imunitas para pasien.

"Insyaallah ini kita bisa operasikan dalam waktu singkat ini, bisa menampung kurang lebih 800 pasien dan dia akan ke sebelah sana antara Pelabuhan ini dengan Pulau Laelae, jaraknya ada sekitar 300 meter, dari sini (pelabuhan). Jadi nanti ada kapal (kecil) ini tidak di sini dia berlabuh di sana dan pasti pasien masuk, konsumsinya dan segala macam ada kapal pengantarnya," terangnya.

"Oh iya orang yang diisolasi itu kan harus dihibur, jangan sampai dia diisolasi di sini justru mereka masih merasa tertekan, banyak fasilitas bukan cuman Wi-Fi, kita berikan kita game-game pagi hari, kita sore dia berikan olahraga, malam hari kita nonton nonton film, nanti kita menambah televisi untuk bisa lebih baik," tambahnya.

Kapal milik PT Pelni jenis Umsini merupakan kapal penumpang milik Kementerian Perhubungan, kapal ini dapat menampung penumpang kurang-lebih 2.000 penumpang dan kemudian diubah menjadi kapal apung pasien COVID-19 yang dapat menampung 900 pasien bersama tenaga medis.

Simak video 'Zona Merah RI Saat Ini Terbanyak Sejak Pandemi Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)