Ari Kuncoro Mundur, Legislator PD Minta Tak Ada Lagi Rektor Rangkap Jabatan

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 17:04 WIB
Rektor UI Ari Kuncoro
Rektor UI Ari Kuncoro (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro mundur dari jabatan Wakil Komisaris Utama BRI. Legislator Partai Demokrat (PD) Bramantyo Suwondo menilai langkah itu sudah tepat demi menjaga integritas seorang rektor.

"Menurut saya keputusan Bapak Ari Kuncoro merupakan keputusan yang tepat demi menjaga integritas jabatan rektor. Harapan saya ke depannya nilai-nilai profesionalitas dan juga integritas terus dijunjung tinggi di dunia akademisi," kata Bramantyo kepada wartawan, Kamis (22/7/2021).

Anggota Komisi X DPR ini berharap Ari Kuncoro dapat fokus mengembangkan kampus UI ke depannya. Bramantyo mengatakan pihaknya terus mendukung kemajuan seluruh perguruan tinggi Indonesia.

"Selanjutnya harapan saya, UI maupun PT lainnya di Indonesia dapat terus melangkah ke arah yang lebih baik. Rektor pun harus mampu menjaga integritas dan bekerja dengan profesional. Saya dan rekan-rekan di Komisi X akan terus mendukung kemajuan perguruan tinggi di Indonesia," ujarnya.

Lebih lanjut, Bramantyo mengatakan pemerintah dan perguruan tinggi lain untuk mengambil pelajaran dari kejadian ini. Dia menilai tidak ada lagi rangkap jabatan bagi rektor.

"Dari kejadian ini, pemerintah dan PT harusnya bisa mengambil pelajaran. Kejadian rangkap jabatan rektor tidak boleh terulang kembali. Dalam momentum ini, saya mengimbau pemerintah untuk bergerak cepat meninjau ulang PP yang memungkinkan rektor untuk merangkap jabatan," ujarnya.

Apalagi, menurutnya, saat ini peringkat perguruan tinggi Indonesia merosot secara global, sehingga diperlukan adanya konsentrasi lebih dari setiap rektor untuk mengurusi kampus masing-masing.

"Peringkat perguruan tinggi unggulan kita makin merosot di mata dunia, ditambah lagi learning loss akibat pandemi, dan tantangan bonus demografi terus menanti. Ada banyak sekali permasalahan yang perlu diselesaikan. Saya kira para rektor perlu fokus mengurai permasalahan ini satu per satu dan menyelesaikannya sehingga jabatan yang tidak relevan dan tidak mendukung peningkatan kualitas PT sepatutnya dihindari," ujarnya.

Terkait Ari Kuncoro mundur simak di halaman selanjutnya.

Saksikan video 'Jejak Ari Kuncoro, Ditunjuk Jadi Wakil Komisaris Utama BRI hingga Mundur':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2