Epidemiolog Nilai PPKM Berlevel Mestinya Diterapkan Sejak Awal Pandemi

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 22 Jul 2021 07:30 WIB
Epidemiolog, Dicky Budiman. (Dok pribadi)
Epidemiolog Dicky Budiman (Foto: dok. pribadi)

Lebih lanjut, menurut Dicky, WHO pun memberikan anjuran itu kepada semua negara. Bahkan penerapan kebijakan berlevel ini sudah ada sejak pandemi flu burung pada 2009.

"WHO sudah lama melatih ini, mengajarkan ini kepada semua negara, terutama pada swine flue tahun 2009. Itu digiatkan banget flu burung saat itu, ini yang harusnya kita lakukan, dan Australia negara yang berhasil itu menerapkan ini sejak awal. jadi jelas, bagaimana posisi vaksinasi, bagaimana tracing-testing, itu jelas ada di situ," tuturnya.

Alasan Istilah PPKM Diganti

Pemerintah menjelaskan saat ini istilah PPKM darurat sudah diganti dengan istilah PPKM level 4. Perubahan nama pembatasan sosial ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya kira kita sudah dengar arahan Presiden kepada kami para pembantunya. Presiden memerintahkan agar tidak lagi menggunakan PPKM darurat ataupun mikro, namun kita gunakan yang sederhana, yaitu PPKM level 4, yang berlaku hingga tanggal 25 Juli," kata Luhut Pandjaitan dalam siaran pers via kanal YouTube Kementerian Perekonomian, Rabu (21/7).

Luhut adalah Koordinator PPKM Jawa-Bali sekaligus Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Dia menjelaskan aturan PPKM level 4 ini sudah dituangkan dalam Instruksi Mendagri Nomor 22 Tahun 2021. Selain level 4, ada pula level yang lebih rendah.

"Nanti ada level 1 sampai 4. Level 4 yang paling tinggi, seperti yang sekarang sedang kita jalani," kata Luhut.

Selain Luhut, ada Airlangga Hartarto yang menjelaskan mengenai penyebutan PPKM level 4. Airlangga adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). PPKM level 4 diterapkan di semua provinsi Pulau Jawa dan Bali.

"Pemerintah melakukan pengendalian dengan penerapan PPKM level 4, sesuai arahan, kita menyebutnya level 4," kata Airlangga.

Di luar Jawa-Bali, ada program-program bantuan sosial yang diberikan pemerintah selama PPKM level 4.

"Level 4 ini menggantikan istilah darurat," kata Airlangga.


(eva/jbr)