Bacaan Surat Az Zariyat Ayat 56 dan Maknanya

Rosmha Widiyani - detikNews
Rabu, 21 Jul 2021 09:36 WIB
al quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/LV4260/Bacaan Surat Az Zariyat Ayat 56 dan Maknanya
Jakarta -

Al Quran surat Az Zariyat ayat 56 menjadi salah satu firmanNya yang memberi banyak pelajaran bagi umat. Ayat ini menegaskan tugas makhluk ciptaan Allah SWT di dunia yaitu beribadah dan mengabdi kepadanya

Berikut arti dan bacaan surat Az Zariyat ayat 56:

وَمَا خَلَقْتُ ٱلْجِنَّ وَٱلْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Arab latin: Wa mā khalaqtul-jinna wal-insa illā liya'budụn

Artinya: Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Dikutip dari situs Pengadilan Agama Jepara, Asbabun Nuzul surat Az Zariyat ayat 56 adalah ketika para malaikat mengetahui rencana Allah SWT menciptakan khalifah di bumi. Allah SWT menyampaikan perintahNya kepada mereka secara terperinci.

"Allah SWT akan menciptakan manusia dari tanah. Maka ketika Allah SWT menyempurnakan dan meniupkan roh di dalamnya, para malaikat harus bersujud. Yang harus dipahami sujud tersebut adalah penghormatan bukan ibadah. Sujud ibadah hanya diperuntukkan kepada Allah SWT," ujar hakim PA Jepara Drs Sobirin, MH.

Sobirin mengutip tafsir Al Misbah karya Prof Dr Muhammad Quraish Shihab menjelasan, surat Az Zariyat ayat 56 menggunakan bentuk persona pertama (Aku) karena memang penegasannya adalah beribadah kepada Allah SWT. Ibadah adalah bentuk ketundukan dan ketaatan akibat adanya rasa keagungan dari siapa seseorang mengabdi.

Penjelasan Sayyid Quthub yang juga dikutip Sobirin mengatakan, pada hakikatnya ada tujuan tertentu dari wujud manusia dan jin. Kedua makhluk tersebut punya satu tugas yang hanya ditujukan pada Allah SWT. Tugas ini tentunya harus dilaksanakan tanpa kecuali.

"Siapa yang melaksanakannya, maka ia telah mewujudkan tujuan wujudnya, dan siapa yang mengabaikannya maka dia telah membatalkan hakikat wujudnya dan menjadilah dia seseorang yang tidak memilki tugas (pekerjaan). Tugas tersebut adalah ibadah kepada Allah, yakni penghambaan diri kepadaNya," tulis Sobirin.

Makhluk yang mengabaikan ibadah kepada Allah SWT merasakan hidup yang kosong, tidak bertujuan, dan berakhir dengan kehampaan. Ibadah ini, seperti dijelaskan dalam surat Az Zariyat ayat 56, bukan hanya yang bersifat ritual. Namun juga mencakup banyak bidang lain dalam kehidupan.

(row/erd)