Viral Video Ramai Pengendara Hindari Penyekatan di Bogor, Begini Faktanya

Nur Aziza - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 20:18 WIB
Bogor -

Sebuah video yang menampilkan sejumlah pengendara mobil dan motor menghindari penyekatan di depan salah satu SPBU di Bogor, Jawa Barat, viral di media sosial. Pengendara ramai-ramai menuju ke dalam SPBU dan keluar lagi menuju jalan raya seakan-akan menghindari penyekatan.

Video itu dibuat salah satu pengendara motor yang akan melintasi penyekatan. Dalam video itu terlihat beberapa polisi dan Dishub sedang berjaga di penyekatan depan SPBU Panaragan, Jalan Veteran, Bogor.

Road barrier dipasang di depan SPBU, tepatnya di antara pintu masuk dan pintu keluar SPBU. Adapun petugas berdiri di depan road barrier.

Perekam video itu pun bersama beberapa pengendara lainnya memasuki SPBU untuk menghindari penyekatan. Banyak yang mempertanyakan fungsi penyekatan.

"Ada yang ngerti maksudnya apa dilakukan penyekatan?" tulis dalam video itu, dilihat detikcom, Selasa (20/7/2021).

"Jalan utama di sekat, motong jalan dikit. Tapi masih bisa lewat," lanjutan tulisan di video viral tersebut.

Polres Bogor Buka Suara

Kapolresta Bogor Kota Kombes Susatyo Purnomo Condro menyebut penyekatan oleh petugas belum berlangsung saat pengendara tersebut merekam video. Petugas, sambung Susatyo, masih melakukan persiapan penyekatan.

"Video itu penyekatan belum mulai. Petugas sedang persiapan karena harus dilaksanakan serentak di 10 titik," ujar Susatyo ketika dihubungi detikcom melalui pesan singkat, Selasa (20/7).

Susatyo menyebut persiapan itu dilakukan untuk menyerentakkan mulainya operasi penyekatan di Bogor Kota. "Kalau tidak serentak, akan terjadi efek karambol penyekatan. Kami punya tiga pola penyekatan yang berbeda," jelasnya.

Susatyo menjelaskan tiga pola itu memiliki titik sekat yang berbeda-beda guna mengantisipasi masyarakat menggunakan jalur tikus dan lain-lain. Setiap harinya, jam mulai penyekatan di Kota Bogor berbeda-beda.

"Jam penyekatan setiap hari bisa berubah-ubah sesuai hasil analisis harian," tutur Susatyo.

Susatyo menambahkan, saat penyekatan berlangsung, pengendara tidak akan bisa menghindari penyekatan meski masuk melalui SPBU Panaragan.

"Betul (tidak bisa menghindari). Setelah veteran jarak, tidak jauh dari situ ada titik sekat lagi," jelasnya.

(isa/isa)