Pemprov DKI Siapkan Krematorium untuk Jenazah COVID-19

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 19:31 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta tengah mempersiapkan fasilitas kremasi untuk jenazah COVID-19. Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan penyediaan ini dilakukan karena belum ada krematorium di Ibu Kota yang menerima jenazah COVID-19.

"DKI memang berniat menyiapkan tempat kremasi. Ini sedang disiapkan konsepnya dan tempatnya dan sebagainya. Supaya bisa memberikan kesempatan kepada masyarakat dengan harga yang murah. Yang baik untuk kepentingan masyarakat," kata Riza di RPH Dharma Jaya, Jakarta Timur, Selasa (20/7/2021).

Riza mengatakan penambahan fasilitas krematorium di Jakarta ini untuk menghindari praktik calo maupun kartel kremasi. Dia pun mengakui beberapa waktu lalu sejumlah pengusaha menaikkan tarif kremasi dengan harga tak wajar.

"Beberapa waktu lalu memang ada kegiatan kremasi itu tinggi sekali. Itu dilaksanakan oleh pihak swasta, bukan dari Pemprov DKI Jakarta," tegasnya.

Dia pun mewanti-wanti pengusaha maupun pemilik yayasan agar tak melakukan praktik menaikkan harga layanan kremasi terhadap jenazah COVID-19. Dia meminta pada masa pandemi Corona ini seluruh pihak saling menolong.

"Jadi jangan ada lagi yang mematok harga tidak wajar atau berlebihan. Justru seharusnya di saat seperti ini kita harus saling membantu, saling tolong menolong, bukan justru mengambil kesempatan di saat seperti ini," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, masalah kremasi jenazah Corona jadi sorotan setelah muncul broadcast warga yang dipatok harga puluhan juta rupiah untuk kremasi jenazah. Saat ini tak ada layanan kremasi untuk jenazah Corona di Jakarta.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) Provinsi DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengungkapkan terdapat tiga krematorium swasta di Jakarta yang saat ini tidak menerima kremasi jenazah COVID-19, yaitu Grand Heaven, Pluit; Daya Besar, Cilincing; dan Krematorium Hindu, Cilincing.

"Krematorium swasta yang menerima kremasi jenazah COVID-19 justru berada di luar wilayah Jakarta, seperti Oasis, Tangerang; Sentra Medika, Cibinong; dan Lestari, Kerawang," papar Suzi dalam keterangan tertulis Pemprov DKI, Minggu (18/7/2021).

Saat ini pelayanan pemakaman di Jakarta sedang tinggi-tingginya. Oleh sebab itu, petugas pemakaman DKI tidak mengantar jenazah yang akan dikremasi di luar kota.

"Masyarakat yang ingin melakukan kremasi terhadap anggota keluarganya dapat dilakukan secara mandiri dan memastikan biaya langsung ke lokasi-lokasi kremasi swasta, bukan melalui oknum," katanya.

(isa/isa)