Polisi Serahkan Sapi Kurban ke Kampung Terpencil di Jambi

Ferdi Almunanda - detikNews
Selasa, 20 Jul 2021 09:12 WIB
Polisi di Tanjabbar Jambi Serahkan Sapi ke warga
Foto: Polisi di Tanjabbar Jambi Serahkan Sapi ke warga (dok istimewa)
Jambi -

Polisi memberikan sapi seberat 200 kilogram untuk warga di Jambi yang tinggal di kampung terpencil. Sapi diberikan ke warga bertepatan pada Hari Raya Idul Adha.

"Kampung ini hanya ada 65 Kepala Keluarga disana. Di kampung itu, para kepala keluarganya hanya seorang pencari ikan dan buruh di kebun orang. Di kampung ini pendapatan mereka tak banyak, dan mereka semua di kampung ini masuk dalam keluarga tidak mampu," kata Kapolres Tanjung Jabung Barat Jambi, AKBP Guntur Saputro kepada detikcom, Selasa (21/7/2021).

Kampung terpencil itu di kawasan Parit 10 Sungai Saren, Kecamatan Bram Itam, Tanjung Jabung Barat, Jambi. Pemberian seekor sapi kurban oleh polisi tersebut lantaran kampung itu sudah hampir 76 tahun tak pernah melakukan penyembelihan hewan kurban.

Ini kali kedua Polres Tanjung Jabung Barat memberikan hewan kurban ke warga di sana. Guntur mengatakan pihaknya mengantar sendiri sapi itu hingga diterima warga setempat.

"Kampung ini adalah kampung yang cukup jauh dari perkotaan. Untuk bawa sapi ke kampung itu juga tak bisa pakai mobil, lantaran akses jalannya tidak ada maka terpaksa kita jalan sejauh 3,5 Km untuk bisa tiba di kampung itu. Sampai disana, warga disana merasa bahagia, karena selain terbantu akan dapat jatah daging kurban, mereka-mereka juga kali pertama ikut laksanakan penyembelihan hewan kurban di hari Raya Idul Adha," ujar Guntur.

GUntur berharap hewan kurban yang diserahkan Polres Tanjung Jabung Barat bisa membantu warga setempat. Dia berharap warga bisa bertahan di tengah pandemi Corona.

"Di tahun ini kita mencoba berbagi merayakan qurban bersama masyarakat masyarakat yang terdampak pandemi Corona. Mudah-mudahan kehadiran kita dengan membawa hewan qurban dan menyembelih hewan qurban di kampung ini bisa memberikan kebahagiaan warga yang berada di kampung ini dan mudah-mudahan bisa memulihkan serta membangkitkan kembali dan minimal bisa menjaga ketahanan pangan keluarganya di Hari Raya Idul Adha di masa pandemi Covid-19 ini," ujar Guntur.

Sementara itu, Ketua RT setempat, Zam Zam menyampaikan ucapan terima kasih kepada polisi atas bantuan hewan kurbannya itu. Mereka juga bahagia, lantaran kampung mereka udah puluhan tahun tak pernah rasakan menyembelih hewan kurban di hari raya.

"Kami mewakili masyarakat kampung ini mengucapkan terima kasih banyak kepada bapak Kapolres Tanjab Barat beserta jajarannya. Mudah-mudahan hewan qurban ini bisa bermanfaat. Ini adalah hewan kurban pertama yang kami sembelih sejak 76 tahun lamanya," ujar Zam Zam.

(zap/zap)