Polisi Selidiki Ada-Tidaknya Kelalaian di Kasus Kebakaran Kantor BPOM

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 20:14 WIB
Suasana kantor BPOM usai kebakaran (Foto: Yogi/detikcom)
Suasana kantor BPOM usai kebakaran (Yogi/detikcom)
Jakarta -

Insiden kebakaran di gedung F kantor Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Johar Baru, Jakarta Pusat, diselidiki polisi. Polisi akan mendalami ada-tidaknya unsur kelalaian terkait peristiwa kebakaran tersebut.

"Sedang proses pemeriksaan dan penyelidikan apakah ada unsur kelalaian, kesengajaan, ya nanti kita kembangkan dengan konstruksi pasal. Dan juga kita akan panggil daripada laboratorium forensik, kita cari kira-kira asal apinya dari mana," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

"Jadi kita melihat apakah ini ada unsur kesengajaan, unsur kelalaian. Kita akan periksa secara komprehensif. Sifatnya berkesinambungan ya," sambungnya.

Selain itu, Hengki enggan membeberkan temuan tim Labfor Bareskrim Polri saat olah TKP. Menurutnya, temuan di lapangan hanya untuk konsumsi penyidikan.

"Itu pro justicia. Nanti hasilnya konsumsi daripada penyidikan. Nanti akan kita lihat dari pemeriksaan, apakah ada niat jahat, kesengajaan, atau mungkin kelalaian. Kita kan periksa komprehensif," terang Hengki.

Hengki menjelaskan sudah ada 5 orang yang diperiksa terkait kebakaran gedung BPOM itu. Dia tak menampik pengelola gedung juga akan diperiksa dalam waktu dekat.

"Pokoknya siapa yang perlu kita periksa, kita periksa. Dalam rangka menentukan penyelidikan apakah ini tindak pidana atau bukan, kita periksa. Kalau itu kelalaian jadi tindak pidana, apalagi kesengajaan. Kita akan periksa secara komprehensif," imbuhnya.

Diketahui, kebakaran terjadi di gedung BPOM, Jakarta Pusat, pada Minggu (18/7) malam. Dalam peristiwa tersebut, kerugian yang dialami BPOM ditaksir mencapai Rp 600 juta.

BPOM sendiri telah buka suara. BPOM menjelaskan, kebakaran itu terjadi di lantai 1 Gedung F saat ada pengerjaan peremajaan panel listrik.

"Kebakaran terjadi pada sekitar pukul 21.30 WIB di Lantai 1 Gedung F Barat Badan POM Jakarta, di mana pada saat kejadian sedang dilakukan pekerjaan peremajaan panel listrik," demikian salah satu penjelasan BPOM melalui situs resmi, dilihat Senin (19/7).

BPOM belum menjelaskan secara rinci terkait fungsi gedung yang terbakar itu. BPOM menjelaskan saat ini penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan polisi.

"Badan POM menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak, khususnya petugas pemadan kebakaran dan kepolisian setempat yang bergerak cepat untuk memadamkan api serta mengamankan situasi di lokasi kebakaran," tulis BPOM.

BPOM menyatakan tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Kerusakan terjadi di 1 ruangan dan tidak mengganggu fungsi pelayanan di BPOM.

Simak video 'BPOM Buka Suara terkait Peristiwa Kebakaran di Kantornya':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)