JJ Rizal Kaget Pospol Taman Suropati Jadi 2 Lantai: Itu Kawasan Cagar Budaya

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 11:22 WIB
Taman Suropati
Foto: Fathurrochman/detikcom
Jakarta -

Sejarawan dan budayawan JJ Rizal kaget atas beredarnya foto pos polisi di kawasan Taman Suropati, Menteng, Jakarta, yang berubah 'muka'. JJ Rizal mendapat informasi pos polisi yang dibangun di area cagar budaya itu dibangun menjadi dua lantai.

JJ Rizal mengatakan pembangunan di kawasan cagar budaya seharusnya melalui proses sidang Tim Sidang Pemugaran (TSP) DKI Jakarta terlebih dulu.

"Seharusnya sebelum pembangunan untuk mendapatkan izin harus ikut sidang TSP dulu dan mendapat rekomendasi. Memang ini mengganggu lanskap historis yang harus dijaga sebagaimana diamanahkan UU Cagar Budaya No 11 Tahun 2010. Apalagi taman itu jantung kawasan cagar budaya Menteng. Apalagi sampai jadi dua lantai," kata JJ Rizal kepada wartawan, Senin (19/7/2021).

JJ Rizal menerangkan, untuk pembangunan di kawasan cagar budaya, ada prosedurnya. Dia mempertanyakan pembangunan pos polisi itu apakah melewati tahapan legal atau tidak.

"Pembangunan di kawasan cagar budaya itu ada aturannya. Nah, di Jakarta itu ada Tim Sidang Pemugaran (TSP) yang dibentuk gubernur sebagai tim yang harus didatangi dan ikut sidangnya sebagai syarat membangun di kawasan cagar budaya, masalahnya ini dilakukan nggak?" ujar JJ Rizal.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua TSP DKI Boy Bhirawa menerangkan pembangunan pos polisi jadi dua lantai itu disebutnya bermasalah. Sebab, lanjut Boy, proses pembangunannya belum melewati proses sidang.

"Belum melalui TSP. Diskusi ini di WA TSP baru kemarin, ada foto, 'oh iya ini bermasalah'. Siang ini ada sidang setelah sidang tindakan apa yang akan dilakukan," ujar Boy.

Dia mengatakan kasus pembangunan di wilayah cagar budaya sudah ditemukan di beberapa titik. Boy menduga pembangunan tanpa melalui sidang itu lantaran ketidaktahuan atau disengaja.

"Sebenarnya kan bukan hanya itu aja, banyak beberapa kasus yang sekarang ini muncul tidak lagi melalui prosedur. Ada beberapa kemungkinan mereka tak paham, tidak tahu, atau ada pembiaran," ujarnya.

Untuk pos polisi ini, Boy mengatakan pembangunannya dilakukan pihak kepolisian. Rencananya, siang ini akan digelar sidang TSP untuk akhirnya memberikan rekomendasi.

"Siang ini ada sidang setelah sidang tindakan apa yang akan dilakukan," jelas Boy.

Dia pun menerangkan soal alur perizinan jika hendak melakukan pembangunan di kawasan cagar budaya. Proses perizinan awal itu ada di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta.

"Ketika cagar budaya, kemudian izinnya ditambahi proses sidang pemugaran khusus cagar budaya. Nanti harus beri rekomendasi, kalau nggak ada, itu izin tidak diterbitkan. Dalam sidang yang dilihat kecocokan dengan tata kota, itu dikeluarkan Dinas Citata (Dinas Cipta Karya, Tata Ruang Dan Pertanahan), cagar budaya punya aturan sendiri kecagarbudayaan," katanya.

Penjelasan Polisi

Polisi memberikan penjelasan atas keheranan JJ Rizal soal foto pos polisi di kawasan Taman Suropati, Menteng, Jakarta, yang berubah 'muka'. Polisi menyebut bangunan tersebut hancur sehingga akhirnya diperbaiki.

"Bukan diubah atau bangun baru, tapi bangunan tersebut kemarin hancur tertimpa pohon dan tidak bisa dipakai, kemudian diperbaiki. Atasnya dipergunakan sebagai musala untuk masyarakat yg ingin salat," ujar Kapolsek Menteng Kompol Rohman Yongky Dilatha saat dimintai konfirmasi terpisah.

Lihat juga video 'Detik-detik Polisi Dievakuasi dari Reruntuhan Pospol Ambrol':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)