Kebakaran di Kantor BPOM, Damkar Jakpus: Banyak Kertas yang Terbakar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 01:45 WIB
Jakarta -

Kebakaran di Kantor BPOM Jakarta Pusat berhasil dipadamkan. Kebakaran itu melalap sejumlah kertas di lantai 1 Gedung F di area Kantor BPOM.

"Gedung 6 lantai perkantoran, Gedung F. Yang kebakar lantai 1 saja. Nggak semua. Lantai 1 saja," ucap Perwira Piket Damkar Jakarta Pusat, Achmad Saiful Kahfi, kepada wartawan, Senin (19/7/2021) dini hari.

Saiful menerangkan luas lantai 1 gedung yang terbakar diperkirakan berukuran 8x25 meter. Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Hanya saja, menurut Saiful, peralatan kantor mulai dari komputer hingga kertas-kertas banyak yang terbakar.

"Kalau kita datang awal memang yang terbakar kertas-kertas itu, banyak. (Gedung lantai 1) Memang kantor semua, ada laptop, komputer, macam-macam," jelas Saiful.

Dia belum bisa menaksir berapa total kerugiannya. Penyisiran asap di lokasi kejadian juga sudah selesai dilakukan.

Kendala Pemadaman Api

Saiful menerangkan kendala pemadaman api lantaran asap pekat yang membumbung sampai ke lantai 6 gedung. Asap pekat itu karena kertas-kertas yang terbakar.

"Asapnya juga banyak, kan yang terbakar kertas tuh, banyak kertasnya, kan asapnya jadi lebih banyak kalau kertas tuh, jadi agak kewalahan (petugas BPOM) perlu alat bantu. Jadi kalau kertas kan sulit, karena di atas bisa kena air, bawahnya nggak kena air, jadi kalau kita tinggalin bisa nyala lagi, harus kita urai dulu, baru kita semprotin lagi, sisir ke lantai atas ternyata asapnya sudah sampai 5 dan 6," terang Saiful.

Dugaan sementara kebakaran yang terjadi karena korsleting listrik.

"Sedang ada perbaikan Panel di Lorong F Timur dan F Barat. Namun ketika menaikkan MCB Timbul ledakan. Petugas keamanan BPOM ingin melakukan pemadaman, karena asap yang ditimbulkan pekat petugas kewalahan melakukan pemadaman," ujar Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Kasudin Gulkarmat ) Jakarta Pusat Asril Rizal.

detikcom sudah menghubungi pihak BPOM untuk mengetahui gedung yang terbakar, namun belum ada respons.

(idn/idn)