PKS soal Luhut: Sikap Kesatria Minta Maaf Bagus, tapi Rakyat Perlu Aksi

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 11:51 WIB
Jakarta -

PKS mengapresiasi sikap Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, yang meminta maaf lantaran PPKM Darurat belum optimal. Namun, menurut PKS, yang diperlukan rakyat saat ini adalah aksi nyata.

"Rakyat perlu aksi. Bukan sekadar minta maaf," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera kepada wartawan, Minggu (18/7/2021).

Mardani mengatakan sikap Luhut yang meminta maaf dan berjanji akan bekerja keras merupakan sikap kesatria. Namun, dia mengingatkan, bekerja keras saja tidak cukup untuk menangani pandemi COVID-19 ini.

"Bagus sikap kesatria minta maaf. Tapi jangan cuma kerja keras. Harus kerja cerdas dan kerja tuntas. Kerja cerdas dengan melibatkan para pakar. Sudah banyak yang teriak. Yang perlu dilakukan pemerintah hanya rendah hati untuk mendengar dan mengikuti masukan para pakar," ujarnya.

Menurut anggota DPR itu, pemerintah juga harus bekerja tuntas merapikan rantai komando. Mardani juga menyarankan pemerintah membuat pusat pelayanan pandemi.

"Kerja tuntas dengan merapikan rantai komando. Delegasi dan buat Pusat Pelayanan Pandemi. Vaksinasi disatukan dengan penyaluran obat dan penyediaan oksigen dan pelayanan kesehatan. Buat one stop center pelayanan rakyat di semua kabupaten kota bahkan kecamatan jika perlu desa dan kelurahan di daerah zona merah," tutur Mardani.

Diberitakan sebelumnya, Koordinator PPKM Jawa dan Bali Luhut Binsar Pandjaitan meminta maaf kepada rakyat Indonesia. Sebab, pelaksanaan PPKM Darurat yang telah berjalan dua pekan dinilai belum berjalan optimal.

"Sebagai Koordinator PPKM Jawa dan Bali, dari lubuk hati yang paling dalam, saya ingin meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia jika dalam penanganan PPKM Jawa dan Bali ini masih belum optimal," kata Luhut Pandjaitan dalam konferensi pers yang disiarkan langsung lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (17/7/2021).

Luhut menyampaikan hal tersebut di pengujung uraiannya mengenai pengendalian penularan virus Corona dalam PPKM Darurat selama ini. Selanjutnya, setelah minta maaf, Luhut menjelaskan pemerintah bakal terus melanjutkan kerjanya untuk menanggulangi COVID-19, khususnya penularan virus Corona varian Delta.

"Saya bersama jajaran dan menteri/kepala lembaga terkait akan terus bekerja keras untuk memastikan bahwa penyebaran varian Delta ini bisa diturunkan," kata Luhut.

(mae/imk)